-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkot Samarinda dan FKIP Unmul Kolaborasi, Kirim Guru Raih Gelar S2 di Universitas of Adelaide Australia

Jumat, 08 April 2022 | April 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-08T10:12:23Z

 

SAMARINDA. KOMINFONEWS-Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bekerjasama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul) bakal mengirim guru dan kepala sekolah mulai dari jenjang PAUD hingga SMP di Samarinda untuk memperoleh jenjang pendidikan Magister atau S2 bidang studi leadership di Universitas of Adelaide, Australia.

Dekan FKIP Unmul Prof Dr Muhammad Amir Masruhim ketika melakukan audensi bersama Wali Kota Dr H Andi Harun Jumat (8/4/2022) siang di gedung Balai Kota, menjelaskan jika program ini sebagai bentuk tanggung jawab moral FKIP dalam mewujudkan guru-guru sebagai pemimpin.

Oleh itu kata dia, melalui program kerjasama Universitas of Adelaide, Australia nanti pihaknya tengah mencari 10 guru atau kepala sekolah terbaik yang bisa mengikuti pendidikan tadi secara gratis.

“Jadi program pendidikan ini akan berlangsung selama dua tahun, dimana untuk tahun pertama akan mengenyam pendidikan di Unmul terlebih dahulu dan tahun selanjutnya baru di Universitas of Adelaide,”ungkapnya.

Terkait biaya, dia menambahkan pihak Universitas Adelaide nantinya akan menanggung semua biaya saat guru-guru ini menempuh pendidikan di Australia.

“Sedangkan saat tahun pertama belajar di Unmul, kami berharapnya Pemkot bisa berkontribusi untuk memberikan beasiswa kepada guru dan kepala sekolah ini agar bisa menanggung biayanya,” ungkap dia.

Dimana sambung Muhammad Amir, selama mengenyam pendidikan S2 di FKIP Unmul nanti, biaya yang dibutuhkan untuk satu orang berkisar 40 juta. Dia mengatakan jika program ini nanti berhasil maka tak menutup kemungkinan akan dikembangkan ke Kabupaten Kota di Kaltim.

“Kebetulan program ini sebenarnya sudah berjalan dengan Pemerintah Provinsi Kaltim. Bahkan kita sudah mengirim guru SMA dan SMK ke Australia kerjasama dengan Pemprov Kaltim,” ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun sendiri menyambut baik tawaran program FKIP Unmul terkait kerjasama untuk jenjang pendidikan Magister bagi para guru dan kepala sekolah di Samarinda yang rencana berjalan mulai tahun depan.

“Intinya Pemkot siap mendukung untuk beasiswa para guru ini saat mengenyam pendidikan tahun pertama di FKIP Unmul nanti, kita akan tanggung semuanya,”kata Wali Kota.

Ia berharap, Kepala Dinas Pendidikan Samarinda Dr Asli Nuryadin yang berkesempatan hadir siang itu bisa segera menindaklanjuti kerjasama tersebut dengan menawarkan program ini untuk para guru PAUD hingga SMP yang ada di Samarinda.

“Intinya untuk biaya saya pikir tidak ada masalah Pemkot siap bantu, tinggal pihak Unmul perkuat koordinasi dengan Dinas Pendidikan,” tuturnya. (CHA/DON/KMF-SMD)



×
Berita Terbaru Update