Breaking News

Penghujung Ramadan, Wali Kota Ajak ASN Pemkot Tunaikan Zakat di Baznas Samarinda

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Masuk di penghujung Ramadan, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bersama dengan Baznas Kota Samarinda  melaksanakan kegiatan gerakan cinta zakat yang berlangsung di perkarangan mushola Ar Raudah, komplek gedung Balai Kota, Senin (25/4/2022) sore.

Pada kegiatan yang dirangkai dengan buka puasa dan sholat terawih berjamaah ini, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot dipimpin langsung Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun dan Wawali Dr H Rusmadi membayar zakat fitra, infaq dan sodaqoh mereka kepada sejumlah petugas Baznas Samarinda.

Wali Kota Andi Harun dalam sambutannya mengatakan jika perintah membayar zakat fitrah sendiri sudah tertulis dalam Alquran surah Al Baqarah. Dimana menurutnya, perintah menunaikan zakat ini untuk menyempurnakan ibadah puasa selama ramadhan.


“Jadi semua kita kembalikan ke Alquran, karena yang kita lakukan sudah tertuang jelas dalam ayat-ayat Allah ini,”ungkapnya.

Ia berharap dari zakat yang dikumpulkan nanti dapat disalurkan kepada mustahiq (orang yang berhak dan membutuhkan). Tak hanya demi menunaikan ibadah semata, melainkan zakat juga bisa menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat.

"Kita tidak ingin ada pengumpul zakat yang liar, karena itu harapannya zakat ini tersalurkan kepada fakir miskin dan amil zakat," kata Andi Harun.

Sementara, Ketua Baznas Samarinda Widyasmoro Eko Prawito dalam laporannya mengatakan, dari Januari hingga masuk ramadhan dana zakat, infaq dan sedekah yang dihimpun melalui Baznas telah mencapai Rp 1.2 Miliar.

“Dan telah didistribusikan mencapai Rp 938 juta dengan menyasar 2100 mustahiq melalui berbagai program sosial,”ungkapnya.

Dengan mengangkat tema spirit gerakan cinta zakat mensejahterakan umat, ia yakin target pengumpulan zakat sebesar Rp 8 miliar bisa terpenuhi tahun ini. (CHA/ASYA/KMF-SMD)

 

https://ppid.samarindakota.go.id/berita/kabar-pemerintahan/penghujung-ramadan-wali-kota-ajak-asn-pemkot-tunaikan-zakat-di-baznas-samarinda

Tidak ada komentar