Breaking News

UMKT Wisuda 64 Lulusan Program Bahasa Arab Ma'had Hasan bin Ali

SAMARINDA: Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) mewisuda 64 mahasiswanya di gedung UMKT jalan Juanda Samarinda, selasa (02/03/2022). Ini adalah wisuda angkatan ke 3 Ma'had Hasan bin Ali, program ilmu bahasa Arab yang saat ini bernaung di fakultas hukum UMKT. 

Hadir secara online dan offline dalam acara tersebut ketua DPP Muhammadiyah, para pengurus wilayah Muhammadiyah Kaltim, Rektor, Dekan dan seluruh jajaran Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. 

Acara dimulai tepat jam 09.00 wita dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an dan lagu kebangsaan Indonesia  Raya. Kemudian orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. H. Anwar Abbas, M.M, M.Ag. 

Dalam paparannya Anwar Abbas menyatakan rasa bangganya karena UMKT memiliki jurusan Bahasa Arab. Menurut dia jurusan ini sangat bagus karena Bahasa  Arab merupakan salah satu modal utama dalam mendalami agama. 

Selanjutnya dilakukan prosesi wisuda yang diikuti oleh beberapa angkatan mahasiswa Ma'had Hasan bin Ali, pembacaan ikrar oleh wisudawan terbaik dan ucapan/sambutan dari wisudawati terbaik. 

Kemudian sambutan disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum UMKT Prof. Dr. Aidul Fitriciada Azhari, S.H, M.Hum. Dalam sambutannya Aidul Fitriciada mengaku bangga dengan kemampuan berbahasa Arab yang dikuasai oleh alumni Ma'had Hasan bin Ali. Hanya saja menurut dia, sayang sekali karena keberadaan Ma''had ini belum ada pengakuan resmi dari Kementerian Agama. 

Meski demikian, para alumni ma'had ini sangat diterima dalam berbagai lembaga, termasuk lembaga pendidikan Islam yang ada di Kalimantan Timur. Bukan hanya itu, banyak alumni lembaga pendidikan ini yang berhasil melanjutkan studinya ke lembaga pendidikan Islam bergengsi di luar negeri terutama Timur Tengah. 

Sambutan juga disampaikan oleh Prof. Dr. Bambang Setiaji, Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT). Dalam sambutannya rektor menyampaikan tahniah (ucapan selamat) kepada para wisudawan/wisudawati. Ia berharap lulusan Ma''had Hasan bin Ali tetap melanjutkan pendidikan mereka, baik untuk menjadi kader ulama maupun ahli hukum dengan meneruskan ke program S1 UMKT yang selama ini menaungi lembaga pendidikan Bahasa Arab ini.

Sambutan ketiga disampaikan oleh ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur, Drs. H. Suyatman, S.Pd, M.M, M.Si. Tokoh pendidikan Kaltim ini selain menyampaikan ucapan selamat juga berharap agar ilmu yang diperoleh wisudawan bermanfaat bukan hanya bagi pribadi namun juga bagi bangsa dan umat manusia. 

"Silahkan jadi apapun, tapi jangan lupakan dakwah amar ma'ruf nahi munkar!" ujar Suyatman. Dalam dakwah tersebut menurut dia hendaklah mengedepankan akhlakul karimah. 

Setelah itu diberikan penghargaan kepada peserta wisuda terbaik (tertingi nilai kelulusannya) yang mayoritasnya diraih oleh wisudawati (perempuan), dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata yang diserahkan oleh Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT)

Karenakan acara wisuda diselengarakan pada masa pandemi, maka hanya wisudawan dan wisudawati yang mengikuti acara di lantai 4 gedung UMKT tersebut. Adapun para pendamping atau keluarga wisudawan--wisudawati yang juga hanya dibatasi 2 orang, ditempatkan di ruangan khusus pada lantai 3. 

Meski berada di ruangan terpisah, para orang tua dan keluarga wisudawan--wisudawati tetap bisa mengikuti acara melalui layar yang disiapkan panitia. Bahkan bagi keluarga di rumah sekalipun juga bisa mengikuti jalannya acara secara online melalui link zoom. (Asya)

Sumber foto: Ustadzah Khodijah Nur Tsalis (dosen Ma'had Hasan bin Ali)





Tidak ada komentar