Breaking News

Angka Stunting Tinggi, Rinda Minta Peran Aktif Bunda PAUD

 


SAMARINDA. KOMINFONEWS – Persoalan stunting hingga saat ini masih membayangi jutaan anak di Indonesia. Pada Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) tahun 2021, prevalensi stunting Indonesia tercatat sebesar 24,4 persen. Kaltim sendiri ada 22,8 persen dan Samarinda 21,6 persen, di atas batas 20 persen yang ditetapkan World Health Organization (WHO). Oleh karena itu, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Samarinda, Hj Rinda Wahyuni Andi Harun meminta peran aktif dari para Bunda PAUD di Kota Samarinda.

“Kasus stunting di Kota Samarinda masih cukup tinggi. Walaupun sudah ada penurunan, di mana tahun 2019 prevelensinya 24,7 persen dan di tahun 2021 menurun jadi 21,6 persen, namun angka ini masih di atas batas 20 persen. Tolong kepada Bunda PAUD, diharapkan peranannya,” pinta Rinda dalam sambutannya usai mengukuhkan Pokja Bunda PAUD Kota Samarinda dan Bunda PAUD kecamatan se-Kota Samarinda secara hybrid di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda, Rabu (9/3/2022) siang.

Menurut Rinda, peningkatan kualitas PAUD di Kota Samarinda juga sebagai bagian dari upaya menurunkan angka stunting di Kota Samarinda. “Kami berharap PAUD Holistik Integratif bisa terus menurunkan kasus stunting di Kota Samarinda,” tandasnya.

Rinda juga mengatakan Bunda PAUD Kota Samarinda dipandang sebagai salah satu pemangku kepentingan yang memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas. Pokja Bunda PAUD Kota Samarinda bertugas mendukung dan menyukseskan program kerja Bunda PAUD Kota Samarinda. Sedangkan Bunda PAUD kecamatan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan PAUD di tingkat kecamatan, khususnya penyelenggaraan PAUD Berkualitas dengan layanan Holistik Integratif.

“Harapannya sinergi dari ketiga elemen ini menghasilkan peningkatan kualitas program PAUD di Kota Samarinda pada tahun 2022 dan ke depannya nanti,” imbuh Rinda.

Rinda selaku Bunda PAUD Kota Samarinda juga mengimbau Pokja Bunda PAUD Kota Samarinda dan Bunda PAUD kecamatan se-Kota Samarinda agar mensosialisasikan dan mengambil langkah nyata dalam meningkatkan perkembangan PAUD di Kota Samarinda.

“Dan rapat koordinasi Bunda PAUD tingkat kota wajib diadakan untuk mengoptimalkan program PAUD yang berkualitas, berlayanan Holistik Integratif dengan berbagai mitra dalam pendampingan pengupayaan peningkatan kepentingan PAUD menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia,” tegasnya.

Sementara Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Dr H Ali Fitri Noor mewakili Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bunda PAUD sebagai basis membangun karakter anak-anak generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, lembaga PAUD harus berupaya untuk menarget lahirnya insan yang cerdas dan komprehensif dalam menjangkau semua lapisan masyarakat.

“Kepada Bunda PAUD yang baru saja dilantik, kiranya dapat segera mengambil langkah-langkah strategis sebagaimana tugas Bunda PAUD kecamatan, di antaranya membuat program dan kegiatan Bunda PAUD tingkat kecamatan dalam rangka mendukung layanan PAUD berkualitas, melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap layanan PAUD di kecamatan, melakukan koordinasi, pendampingan, sinkronisasi, dan sinergitas lintas sektor program dan sektor terkait dalam pembinaan layanan PAUD di kecamatan,” katanya.

Sehingga diyakininya, PAUD di Samarinda akan terus mengalami perkembangan dan memiliki pelayanan yang berkualitas serta bersama-sama mendukung program kerja pemerintah dalam mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban.

“Sejalan dalam memerangi stunting, kami berharap PAUD tidak hanya menekankan pada aspek pendidikan semata, namun lebih dari itu harus mengedepankan aspek pelayanan gizi, kesehatan, pengasuhan, dan perlindungan terhadap anak,” tandasnya.

Wali Kota juga memastikan Pemkot akan terus memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan pendidikan PAUD di seluruh kecamatan se-Kota Samarinda. Adapun selaku Ketua Pokja Bunda PAUD adalah isteri Wakil Wali Kota Samarinda Hj Herli Warsita Rusmadi dan Bunda PAUD kecamatan melekat pada jabatan Ketua TP PKK kecamatan se-Kota Samarinda. (DON/HER/KMF-SMD)

 

https://ppid.samarindakota.go.id/berita/berita-ppid/angka-stunting-tinggi-rinda-minta-peran-aktif-bunda-paud

Tidak ada komentar