-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peserta Pelatihan Pokdarkamtibmas dapat Ilmu Kepenulisan dan Tehnik Pencegahan Hoax dari Kominfo Samarinda

Sabtu, 16 Juli 2022 | Juli 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-16T08:24:47Z
SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi, Euis Eka April Yani yang mewakili Kepala Dinas Kominfo kota Samarinda bersama Pranata Humas, Abdillah Syafei, menghadiri pembukaan "Pelatihan Pembinaan Mental & Fisik Untuk Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resort Kota Samarinda dan Sektor Se-Kota Samarinda" Sabtu (16/07/2022). 


Dalam sambutannya di kegiatan yang dilaksanakan di SMK Husada Prima, Jl. Ruhuy Rahayu tersebut, Euis Eka menyampaikan apresiasi kepada para relawan. Dia juga mengungkapkan bahwa berkaitan dengan antisipasi hoax dan pemberitaan memang sangat berkaitan dengan tugas kominfo. 

Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resort Kota Samarinda, Ir. H. Rachmadansyah didampingi Skeretaris nya Gustu Addi Rachmany, SH menjelaskan bahwa Kelompok Sadar Hukum bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat. Berdasarkan fungsi yang tertuang dalam Anggaran Dasar Bab 3 Pasal 7 tentang Tujuan Pokdarkamtibmas Bhayangkara yakni: 

1. Sebagai organisasi pengemban fungsi kepolisian terbatas dan berperan aktif dalam tugas kepolisian untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum negara Republik Indonesia

2. Meningkatkan kesadaran, kepatuhan hukum masyarakat, dan berperan aktif dalam menciptakan serta mewujudkan Kamtibmas dilingkungan masing-masing.

3. Membangun dan menumbuhkan daya cegah tangkal terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas

4. Pemantauan Wilayah, Pendekatan warga sekaligus sosialisasi Community Policing. Menjembatani kepentingan Masyarakat dengan Polri&Melaporkan segala kejadian dengan benar kepada Polri.

5. Koordinasi rutin dengan anggota Polri, Tindakan/Pengamanan Pertama di TKP, Konseling dan Problem Solving. Membantu Penertiban lalu lintas&Kegiatan sosial masyarakat.

Sebelumnya, Kasat Binmas Polresta Samarinda AKBP Pormeli Hasibuan , mewakili Kapolres membuka acara pelatihan. Dalam kesempatan ini ia berpesan kepada 60 orang relawan  yang ditunjuk menjadi peserta gelombang pertama ini agar benar-benar menjadi relawan yang menjaga nama baik organisasi dan bekerja dengan tulus.

Ia menyampaikan kabar gembira bahwa nanti di dalam sertifikat/piagam yang akan diperoleh pasca pelatihan, kapolres mencantumkan tandatanganya sebagai apresiasi dan kecintaannya. 

"Terimakasih, karena pekerjaan relawan ini adalah pekerjaan yang gajinya nanti di sorga. Untuk itu mewakili kapolres saya mengucapkan terimakasih kepada relawan yang bersama-sama polisi menjaga ketertiban masyarakat," tutur AKBP Pormeli Hasibuan. 

Selesai acara pembukaan, dan setelah istirahat dilanjutkan dengan penyampaian materi pelatihan. Materi pertama tentang hoax dan penulisan berita yang disampaikan oleh Abdillah Syafei dari Diskominfo Samarinda. 

Dalam paparannya, Abdillah yang berlatar belakang seorang jurnalis senior Kaltim ini mengulas soal seluk beluk hoax yang sangat berbahaya bagi umat manusia. Dia juga membagikan tips-tips bagaimana supaya terhindar dari menjadi korban hoax. Selain itu dijelaskannya pula bagaimana trik membuat berita yang baik dan menarik sesuai kaidah jurnalistik yang benar. (ASYA/MEDIAIBUKOTA)
×
Berita Terbaru Update