Breaking News

Panggil BPKAD dan Dinas PUPR-PERA, DPRD Kaltim Pertanyakan Peralihan Jalan Provinsi Untuk Pertambangan

 

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA: Peralihan jalan provinsi yang dilakukan PT Ganda Alam Makmur (GAM) yang berlokasi di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi masalah. Sebabnya DPRD Provinsi Kaltim merasa tidak dilibakan dalam prosesnya. Oleh karena itu Komisi III DPRD Kaltimpun memanggil BPKAD dan Dinas PUPR-PERA Prov Kaltim guna melakukan rapat dengar pendapat, Selasa (2/8/2022) tadi.

Menurut Ketua Komisi III, Verydiana H Wang PT GAM merupakan perusahaan pertambangan yang berlokasi di Kutim, dan telah melakukan panambangan pada jalan provinsi yang sekarang existingnya 10 kilometer. Oleh karena itu DPRD Kaltim khsusunya Komisi III ingin mengetahui bagaimana regulasi yang dipakai oleh Pemprov sehingga mengijinkan jalan itu ditambang.

Berdasakan keterangan yang diberikan  oleh Dinas PUPR-PERA, ujar Veridiana perusahaan melakukan peralihan jalan sepanjang kurang lebih 4 kilometer, dari jalan awal 10 kilometer. Lokasinya kurang lebih 60 kilometer dari Kecamatan Kaliorang. Peralihan tersebut ternyata melalui kesepakatan  antara Pemprov Kaltim dengan pihak PT GAM melalui Memorandum of Understanding (MoU). Namun sayangnya kesepakatan tersebut belum pernah disampaikan kepada DPRD Kaltim.

“Kami meminta kepada instansi terkait, naskah MoU dan SK Tim Pelaksana Tukar Menukar antara Pemprov Kaltim dan PT GAM sesegara mungkin disampaikan kepada DPRD Kaltim, dan juga meminta kronologis advis hukum dari BPKAD untuk eksekusi pengalihan jalan,” tegas Politisi PDI Perjuangan ini sebagaimana dikutip situs DPRD Kaltim.

Dalam kesempatan rapat dengar pendapat tersebut Komisi III meminta dasar hukum pengalihan aset jalan tersebut. Karena, bila mengacu pada peraturan yang ada, pengalihan aset semestinya terlebih dahulu melalui persetujuan DPRD Kaltim. Menurut Veridiana, pihaknya juga menyampaikan kepada pihak perusahaan agar jangan semata-mata memperhitungkan nilai jalanan saja, tapi bagaimana dari keuntungan penambangan bisa berkontribusi untuk  membuat jalan menjadi mulus. (*/dil/mediaibukota)


Tidak ada komentar