-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Viral

Minggu, 08 Mei 2022 | Mei 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-09T00:18:48Z

Berbuat kebaikan itu ada yang membuat pelakunya terkenal di bumi dan ada juga yang terkenal di langit. Ada yang terkenal di keduanya dan ada pula yang malah tidak terkenal di kedua-duanya, dan ini namanya apes.

Makanya hal yang terpenting dalam beramal adalah keikhlasan, yakni dengan hanya berharap Ridho dari Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu wa Ta'ala. Karena orang yang ikhlas itu bukan yang tidak berharap tapi yang berharap hanya kepada Allah saja.

Kita populer di mata manusia, itu memang tidak berarti jelek, selama popularitas itu bukan menjadi hal yang sengaja ingin dikejar sebagai tujuan utama beramal. Bahkan ia bisa menjadi wasilah untuk lebih banyak menebarkan nilai kebaikan lainnya.

Namun yang paling utama tentu adalah tujuan beramal yang hanya karenaNya tadi. Dengan keikhlasan, kebaikan yang diperoleh akan berlipat ganda. Tujuan terpentingnya adalah ibadah, sedangkan popularitas dan kesenangan dunia hanyalan bonus tambahan saja. 

Seperti rumput yang turut tumbuh di saat kita menanam padi sawah. Kadang rumput itu menjadi hama yang mengganggu bahkan mematikan padi, tapi boleh jadi juga rumput yang tumbuh itu adalah jenis sayur seperti kangkung dan genjer, sehingga malah menjadi nilai tambah yang bergizi tinggi.

Wallahu a'lam
×
Berita Terbaru Update