-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hidupkan Semangat Perteateran, Taman Budaya Kaltim Gelar Festival

Senin, 27 Juni 2022 | Juni 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-28T04:39:02Z

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA: Festival Teater se Kalimantan Timur yang digelar oleh UPTD Taman Budaya Kalimantan Timur, dibuka hari ini Selasa (28/6/2022), bertempat di gedung Rizani Asnawi Samarinda.  


Dalam laporannya selaku panitia, Kasi Pengembangan dan Publikasi Kesenian Sulistio Rini, S.Sn mengungkapkan,  kegiatan Festival yang dikemas dalam bentuk lomba ini diikuti oleh 50 peserta berasal dari 5 Kabupaten dan Kota yang ada di Kalimantan Timur, yakni Samarinda, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Bontang dan Berau. 

Penampilan para kelompok teater peserta festival dilakukan selama dua hari mulai tanggal 28 dan 29 Juni 2022. Sebenarnya kegiatan telah dilaksanakan sejak 27 juni, namun secara resmi baru dibuka pada selasa (28/6/2022) hari ini. 


Menurut ketua UPTD Taman Budaya Kalimantan Timur Ismet Rizal, kegiatan Festival Teater tahun yang lalu hanya bisa diadakan secara online, dimana para peserta bermain tanpa penonton, hanya disorot oleh kamera, namun tahun ini sudah bisa digelar kembali dengan dihadiri penonton meski tetap dengan menerapkan protokol kesehatan karena pandemi masih belum berakhir. 

Festival ini akan dinilai oleh beberapa juri yang terdiri dari para tokoh seniman senior Kaltim diantaranya Drs. Hamdani dan H. Pance. Secara teknis, lomba tidak diarahkan oleh pembawa acara atau MC. Tanda-tanda yang diberikan dalam lomba hanya berupa suara gong yang akan memandu kelompok  peserta kapan harus bersiap, bermain dan mengakhiri pertunjukan. Hadiah lomba nantinya akan dibagikan pada kegiatan di bulan Juli mendatang.

Sementara itu salah seorang tokoh Teater Kaltim, Wawan Timor mengungkapkan bahwa kegiatan festival ini lebih mengedepankan tujuan silaturahmi guna mengobati kerinduan para seniman pada panggung pementasan. 

Tanpa bermaksud meremehkan kerja keras pihak UPTD Taman Budaya yang mengadakan dan menyediakan hadiah, tentunya, seniman senior  Wawan Timor merasakan bahwa momen ini benar-benar berharga bagi para seniman karena telah menghidupkan kembali semangat berkesenian yang sempat redup selama pandemi. 

Tanggapan senada diungkapkan satrawan Abdillah Syafei yang turut hadir saat pembukaan festival ini. Menurut Komite Sastra Dewan Kesenian Samarinda ini, kegiatan yang dilakukan oleh Taman Budaya Kaltim ini manfaatnya sangat besar bagi para seniman teater di daerah. 

Melalui lomba yang diselenggarakan Taman Budaya, para grup tetaer yang tampil mendapat kesempatan untuk menunjukan hasil latihan yang selama ini mereka lakukan yang mana selama masa pandeni hampir 3 tahun ini seakan terkekang dan tidak bisa diekspresikan dengan total di panggung. (asya/mediaibukota.com) 



×
Berita Terbaru Update