Andi Harun Resmikan Pemusatan Latihan Kafilah Samarinda Untuk MTQ Tingkat Provinsi

Sudah dilihat 258 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Bertempat di Mushalla Ar raudhah kompleks Balai Kota Samarinda, Sabtu (01/04/2023) Wali Kota Dr H Andi Harun meresmikan kegiatan Training Center (TC) Kafilah Samarinda untuk Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Samarinda Ir H Hero Mardanus Satyawan MT, Ketua Tim Wali Kota untuk Alselerasi Pembangunan (TWAP) Saparuddin S Sos, Asisten I Dr H M Ridwan Tasa MM dan Kabag Kesra Kota Samarinda Kumarul Zaman, serta para pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Samarinda, dan para anggota Kafilah Samarinda untuk MTQ tingkat Provinsi.

Dalam sambutannya Wali Kota mengapresiasi kesungguhan para pengurus LPTQ dan Kafilah Kota Samarinda yang meski dalam waktu yang tidak lama terus berupaya menggelar Pemusatan Latihan demi meraih prestasi yang terbaik dalam gelaran MTQ tingkat Provinsi di Balikpapan Nanti.

Andi Harun berharap, pada MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun ini, kafilah Kota Samarinda dapat menjadi juara umum. Tahun ini adalah MTQ tingkat Provinsi Kaltim ke tiga yang diikuti Kota Samarinda dibawah kepemimpinan Wali Kota Andi Harun, Dan pada dua MTQ sebelumnya, Kafilah Kota Samarinda gagal meraih juara umum.

Untuk mewujudkan target sebagai juara umum kali ini, Andi Harun menyatakan siap memberi dan memfasilitasi semua jenis dukungan yang diperlukan kafilah Kota Samarinda.

Orang nomor satu di Kota Samarinda ini berpesan kepada seluruh peserta TC untuk fokus dan berlatih dengan semangat, walau waktu persiapan sangat singkat dan dalam kondisi bulan puasa.

Setelah sambutan yang disampaikan Wali Kota, acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Kepala Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda, Dr H Baequni M Pd serta ceramah dari Dr. H. Bunyamin, Lc yang memberikan motivasi kepada para anggota Kafilah agar memiliki semangat dalam mengikuti kegiatan ini.

Bunyamin mengajak semuanya untuk meluruskan niat agar selalu berada dalam keikhlasan. Mengikuti kegiatan MTQ menurut dia hendaknya jangan hanya berorientasi pada kemenangan dalam kompetisi namun juga bagaimana aktifitas dan kemenangan yang diraih mendapatkan ridho serta bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Acara yang dilangsungkan menjelang waktu berbuka puasa ini kemudian juga diisi dengan pembacaan Al Qur’an surat Yasin secara berjamaah seraya menanti waktu maghrib tiba. Seusai berbuka dilaksanakan shalat berjamaah.

Training Center (TC) untuk para anggota kafilah asal kota Samarinda.rencananya dilakukan sebanyak dua tahap, yakni Pelatihan tahap pertama Selama Ramadhan dan Tahap kedua adalah TC Terpadu pasca Ramadhan.

Selama bulan puasa, pemusatan latihan anggota Kafilah akan dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sepekannya pada tiap akhir pekan, yakni hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Pekan pertama Traning Center dimulai Tanggal 1 dan 2 April 2023, dimana tanggal 1 nya sekaligus pembukaan kegiatan oleh Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun di Mushalla Ar Raudah ini.

Kemudian pelatihan dilakukan pada 3 hari terakhir pekan selanjutnya, yakni hari Jum’at, Sabtu dan Minggu (7, 8 dan 9 April 2023). Dan dilanjutkan akhir pekan ketiga Training Center (TC) yakni tanggal 14,15 dan 16 April 2023. Latihan selama Ramadhan ini dilakukan di rumah para pelatih masing-masing cabang lomba.

Pada tahap kedua dilanjutkan denga Pelatihan Terpadu (TC Terpadu) yang diselenggarakan mulai tanggal 1 sampai dengan 6 Mei 2023 dan dilaksanakan di tempat khusus yang nanti akan ditentukan.

MTQ Tinggkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 akan diselenggarakan di Balikpapan dengan kegiatan utama dipusatkan di area Doom dengan beberapa lokasi pendukung. Namun acara yang semula direncanakan tanggal 7 Mei 2023 diperkirakan akan mundur waktunya mengingat sebagian sekolah sedang mengadakan ujian akhir, padahal kebanyakan peserta MTQ adalah anak-anak dan pelajar. (ADV/MIK/KMF-SMR)