Breaking News

Perlunya Praktik Kerja Lapangan (PKL) Bagi Siswa SMK


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah bagian terpadu dari Sistem Pendidikan Nasional, yang mempunyai peran yang sangat penting di dalam mempersiapkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) warga Negara Unggul. Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang Pendidikan menengah yang secara khusus  mempersiapkan lulusan    untuk siap  terjun ke dunia kerja.Salah satu untuk memenuhi tuntutan dunia kerja, maka di setiap SMK wajib melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Hal inilah yang menjadi pembeda utama dari sekolah lainnya yang sederajat.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk kegiatan dimana para peserta didik  langsung ditempatkan di lingkungan kerja. Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang mengharuskan peserta didik mengaplikasikan disiplin ilmu kejuruan dalam dunia industry/ dunia kerja. Hal yang dapat memperkuat peranan dari tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah dasar pelaksanaanya UU No 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Tinggi , serta Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesi Nomor 2341U12001 tentang Kurikulum.

Apa Manfaat PKL Bagi Siswa SMK?

SMK sebagai sekolah dengan disiplin ilmu kejuruan mewajibkan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai salah satu standar kelulusan . Adapun manfaat dari siswa melaksakanan PKL adalah :

  1. Mengenalkan Siswa pada lingkungan kerja di dunia industry atau usaha. Sehingga Ketika mereka terjun ke lapangan mereka akan tidak akan canggung dan dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja .
  2. Melatih proses belajar terutama pengembangan skill
  3. Melatih kemampuan keterampilan dan manajerial
  4. Membentuk etos kerja yang baik bagi siswa/sisi PKL
  5. Membentuk pola pikir yang konstruktif
  6. Menjalin Kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industry maupun dunia usaha
  7. Menghasilkan sumber daya manusia yang memliki keahlian professional dan berkualitas sesusai tuntutan  di era informasi serta komunikasi terkini.
  8. Sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses Pendidikan. Karena selain materi pembelajaran yang diteri di sekolah , pengalaman kerja sangat diperlukan sebelum terjun ke dunia industry / dunia usaha.

Dengan demikian maka mengapa Siswa/siswi SMK tidak boleh melewatkan kegiatan-kegiatan dari Praktik Kerja Lapangan (PKL)  tersebut karena memang sangat berkaitan erat dengan prestasi di sekolah maupun persiapan untuk menuju dunia kerja / dunia industry.


Tidak ada komentar