DLH Kota Samarinda Sosialisasikan Soal Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan

Sudah dilihat 1,600 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda menggelar acara sosialisasi bertajuk “Sosialisasi Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan” di Princess AJ Bidara Ballroom Lantai 2 Hotel Grand Verona, Jl. S. Parman No. 11 Kelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu. Acara ini diselenggarakan oleh DLH Kota Samarinda, Rabu (25/10/2023).

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Dian Ruhendra. Dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan terimakasih kepada perwakilan dunia usaha yang hadir. Dia mengingatkan pentingnya perhatian pada pengelolaan limbah dan pencegahan kerusakan lingkungan.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan hal-hal teknis mengenai penggunaan aplikasi Pelaporan Swapantau Online yang bernama “Sidamar”.

Pemateri pertama, M. Sofian Hartedi, seorang Web Developer Aplikasi, menjelaskan dasar hukum terkait pelaporan kewajiban pengendalian pencemaran air melalui Sistem Informasi Lingkungan Hidup, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2021. Dia juga memberikan penjelasan mendalam tentang prosedur pelaporan melalui aplikasi Swapantau Online.

Sementara itu pemateri kedua, Sukisman, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Samarinda, membahas kebijakan terkait Pengelolaan Lingkungan. Sukisman menjelaskan bahwa bidangnya memiliki tugas merumuskan pelaksanaan kebijakan operasional, memantau dan mengevaluasi kegiatan/usaha/institusi secara teknis, serta memastikan tercapainya kegiatan/usaha/institusi yang ramah lingkungan.

Ia menekankan pentingnya pembangunan lingkungan yang baik, pembangunan ekonomi pro rakyat dan pro enviro sustanaible, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mendukung pengendalian pencemaran lingkungan.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat dan dunia usaha tentang pentingnya pengelolaan lingkungan hidup serta upaya pencegahan kerusakan lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. (RO/PPR)

 

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 17,752 Kali, Hari ini saja ada 37 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…