Diskusi Strategi Pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) Membahas Tiga Hal Penting

Sudah dilihat 310 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

BALIKPAPAN.MEDIAIBUKOTA – Pada Jumat malam (4/8/2023), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Ir. Hero Mardanus Satyawan, menghadiri Diskusi Strategi dan Visi Pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Daerah Sekitarnya di Hotel Grand Jatra Balikpapan. Dalam diskusi tersebut, dia menyampaikan bahwa terdapat tiga hal penting yang menjadi fokus pembahasan.

Pertama, diskusi membahas tentang kunjungan ke Korea yang telah dijadwalkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kunjungan ini bertujuan untuk melibatkan investor dan meningkatkan kolaborasi serta koordinasi seluruh pihak dalam pembangunan IKN. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) juga menetapkan pembangunan regional sebagai agenda penting dengan fokus pada integrasi pembangunan sektoral menjadi pembangunan spasial yang terintegrasi.

Kedua, diskusi memfokuskan pada sinkronisasi penataan tata kota di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN). Upaya penataan ini juga akan melibatkan Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU), yang memerlukan dukungan penuh dari Bappenas. Keberlangsungan IKN akan dipastikan melalui penataan kota yang sesuai dengan rencana strategis.

Sekda Hero juga menekankan pentingnya pemenuhan hak masyarakat lokal terhadap tempat tinggal dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal. Bappenas telah memperhatikan hal ini melalui upaya pendidikan yang mendukung pemberdayaan masyarakat setempat.

Ketiga, diskusi membahas tentang koordinasi dan sinkronisasi terkait kekurangan-kekurangan di daerah dan penataan sekitar IKN. Hal ini menjadi penting karena akan dibahas bersama dengan pihak terkait di Korea untuk memastikan seluruh kebutuhan dan kekurangan teridentifikasi dan diatasi.

Harapannya, dengan pembangunan dan pemindahan IKN, Kalimantan Timur akan memiliki peran strategis dalam pemerataan pembangunan Indonesia. Semua pemangku kepentingan berkomitmen untuk mewujudkan visi ini agar Indonesia dapat tumbuh secara berkelanjutan dan berkeadilan. (AVD/MIK/KMF)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,351 Kali, Hari ini saja ada 114 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…