Delegasi Kedubes AS Bermitra dengan Pemerintah Kota Samarinda untuk Pengembangan Olahraga dan Pendidikan

Sudah dilihat 330 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, KOMINFONEWS – Sebuah kolaborasi strategis telah terjalin antara Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan Delegasi Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) dalam bidang olahraga dan pendidikan. Konferensi pers yang diadakan di ruang Prioritas Anjungan Karamumus, gedung Balaikota Samarinda pada Jumat (4/8/2023) pukul 10.20 WITA, menjadi momen penting untuk mengumumkan kesepakatan ini.

Dalam konferensi pers tersebut, perwakilan dari Pemkot Samarinda yang diwakili oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Kota Samarinda, Dr. H. Ali Fitri Noor, bersama dengan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda, H. Muslimin SE MSi, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda, Dr. H. Asli Nuryadin SPd MM, menyambut delegasi dari Kedubes AS yang dipimpin oleh Mery Trechock (Assistant Cultural Attache US Embassy Jakarta), didampingi oleh dua mantan pemain NBA Stephen Howard (putra) dan Crystal Langhorne (putri).

Dalam konferensi pers ini, kedua belah pihak menyampaikan keinginan yang sama untuk membangun kerjasama yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Samarinda. Mery Trechock dari Kedubes AS menyatakan kesiapannya untuk menawarkan berbagai program kerjasama, termasuk misi olahraga basket yang akan memberikan coaching clinik kepada atlet-atlet basket di Kota Samarinda. Selain itu, kerjasama di bidang seni, budaya, pariwisata, dan pendidikan, seperti program pertukaran pelajar, juga menjadi bagian dari tawaran kerjasama dari Kedubes AS.

Pemilihan Kota Samarinda sebagai tujuan kunjungan delegasi Kedubes AS tidak terlepas dari potensi besar yang dimiliki kota ini, terutama di bidang pendidikan. Mery Trechock mengungkapkan bahwa sudah banyak alumni Kota Samarinda yang melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat, dan diharapkan jumlah alumni ini dapat terus bertambah.

Dalam kesempatan yang sama, Ali Fitri Noor dari Pemkot Samarinda menyambut baik inisiatif dari Kedubes AS dan berterima kasih atas kunjungan mereka. Ia berharap kerjasama ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan olahraga basket di Kota Samarinda. Kota ini telah menyediakan fasilitas olahraga basket yang cukup baik di sekolah-sekolah, namun perlu peningkatan dalam mencetak atlet berprestasi.

“Pengembangan basket di kita juga cukup besar pada level milenialnya saja, tapi pada level prestasi, nah ini menjadi, yang harus kita benahi,” ungkap Ali Fitri Noor.

Kedubes AS dan Pemkot Samarinda berkomitmen untuk menjalankan program-program kerjasama ini secara berkelanjutan. Selain coaching clinik, program lebih spesifik seperti pelatihan dan pencarian bakat atlet basket juga akan diimplementasikan untuk menggali potensi olahraga di kota ini.

Dalam penutupan konferensi pers, Ali Fitri Noor menyatakan bahwa Pemkot Samarinda selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dalam berbagai bidang yang dianggap produktif. Tujuan akhir dari kerjasama ini adalah menjadikan Samarinda sebagai “Kota Pusat Peradaban” dan juga sebagai pusat pengembangan olahraga di Indonesia timur.

Dengan adanya sinergi antara pemerintah dan delegasi Kedubes AS, diharapkan Kota Samarinda akan semakin maju dan berkembang menjadi pusat unggulan dalam berbagai bidang ke depan. (MAL/ALI/KMF-SMR)