Diskominfo Kota Samarinda Suguhkan Musik Salating dan Sandiwara Mamanda di Festival Mahakam

Sudah dilihat 202 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Gelaran besar Festival Mahakam 2023 yang merupakan agenda rutin Pemerintah Kota Samarinda menjadi salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Samarinda. Bebagai lomba dan atraksi budaya yang ditampilkan dalam festival yang berlangsung sepekan (23 sampai dengan 26 November 2023) ini melibatkan berbagai pihak.

Tak terkecuali Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda, juga turut berpartisipasi. Diantaranya dengan menyuguhkan beberapa kesenian daerah di panggung Festival Mahakam. Pada acara seremonial pembukaan (24/11/2023) Diskominfo menampilkan kesenian Salating (Samarinda Lagu Tingkilan) yang merupakan seni musik khas Samarinda.

Selanjutnya dalam pagelaran budaya pada hari Sabtu (25/11/2023) malam kembali ditampilkan kesenian khas Samarinda lainnya, yakni Teater Tradisi Sandiwara Mamanda (Sandima). Seni teater yang diperkirakan sejak tahun 70-an mulai berkembang di kota Tepian ini.

Menurut Ketua Forum Aktualisasi Seni Tradisional (FORMAT) Kaltim, Dr (H.C) Elansyah Jamhari, MA kesenian ini memang memiliki akar budaya dari seni Mamanda asal Kalimantan Selatan. Namun setelah masuk ke Samarinda mengalami akulturasi budaya dan membentuk varian sendiri bernama Sandima.

Sandima memiliki pakem yang sudah berbeda dengan seni Mamanda yang berkembang di Kalimantan Selatan, sehingga Elansyah berani mengklaim bahwa Sandima, terutama yang dikembangkan oleh FORMAT merupakan khas Samarinda.

Tokoh pembina Sandima ini mengungkapkan bahwa Samarinda adalah kota yang dihuni oleh etnis dan suku bangsa beragam, sehingga dalam kesenian Sandima semua unsur budaya tersebut diakomodir. Baik itu seni pedalaman, seni pesisir, seni keraton, maupun seni urban, semuanya bisa masuk ke dalam Sandiwara Mamanda.

Semantara itu Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Syamsul Anwar, S.Sos mengungkapkan bahwa atas arahan Kepala dinas, seluruh bidang di Kominfo Samarinda berupaya memberikan dukungan demi mensukseskan pagelaran Festival Mahakam yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) ini.

“Mulai dari publikasi, dokumentasi, hingga pagelaran budaya, Diskominfo berupaya turut menyumbangkan potensinya,” tutur Syamsul Anwar.

Hal ini ujar dia menjadi bukti bahwa di bawah kepemimpinan Andi Harun-Rusmadi Wongso, seluruh OPD dan aparatur yang ada di Pemerintah Kota Samarinda selalu kompak. Apalagi dengan adanya program Perobebaya, semua komponen masyarakat dan pemerintah terlibat secara aktif mensukseskan pembangunan kota Samarinda menuju Kota Pusat Peradaban. (ASYA/KMF-SMR)

Copas dari:
https://ppid.samarindakota.go.id/berita/informasi-opd/diskominfo-kota-samarinda-suguhkan-musik-salating-dan-sandiwara-mamanda-di-festival-mahakam