Aktivitas kunjungan Pemustaka ke Perpustakaan Berau (Foto: Ist)

Dispusip Berau Terus Genjot Kunjungan Pemustaka

Sudah dilihat 112 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

TANJUNG REDEB, MEDIAIBUKOTA- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau Yudha Budisantosa mengakui antusias kunjungan masyarakat ke perpustakaan memang mengalami penurunan.

“Kami akui tingkat kunjungan mengalami penurunan terlebih faktor pandemi sehingga harus menyesuaikan kondisi. Namun sekarang pelayanan sudah kembali seperti biasa, sehingga pihaknya terus berupaya untuk menggenjot kembali kunjungan ke perpustakaan,” ucap Yudha belum lama ini.

Berbagai upaya yang dilakukan ini agar bisa meningkatkan jumlah kunjungan tersebut. Karena bagaimanapun, lanjut Yudha minat baca merupakan salah satu upaya untuk mencerdaskan masyarakat.

“Kita terus upayakan peningkatan jumlah kunjungan dengan menyediakan fasilitas dan sarana prasarana yang nyaman bagi masyarakat,” bebernya.

Pihaknya juga senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan zaman, terutama dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pelayanan perpustakaan.

“Perpustakaan merubah diri. Artinya memfasilitasi juga yang sifatnya digital. Seperti pengelolaan yang sudah menggunakan ITE. Selain itu juga kami juga punya buku digital yang bisa diakses semua orang, kapan dan di manapun,” jelasnya.

Selain di perkotaan, sebutnya upaya memajukan literasi juga menyasar ke perkampungan. Pihaknya sudah membina perpustakaan-perpustakaan di berbagai kampung.

“Dari 100 kampung yang ada, sebagian besar sudah memiliki perpustakaan. Itu terus kita kembangkan sampai nantinya semua kampung punya perpustakaan,” jelas Yudha.

Salah satu upayanya, dengan menggelar lomba perpustakaan antarkampung yang sudah rutin digelar setiap tahun.

“Supaya perpustakaan ini terus menyebar ke seluruh kampung, dan mereka semua berada di bawah binaan kami,” ujar Yudha.

Diungkapkan pula salah satu metode lainnya, seperti saat memperingati Bulan Kunjung Perpustakaan mereka telah melaksanakan Festival Literasi.

“Luar biasa antusias warga mengikuti berbagai rangkaian lomba dan aneka kegiatan diFestival Literasi. Kami juga merasa bangga mendapat dukungan luar biasa dari ibu Bupati Berau,” pungkas Yudha.(adv/bp/dho)