Perpus SMAN 1 Berau Pernah Juara Favorit Nasional

Sudah dilihat 174 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

TANJUNG REDEB, MEDIAIBUKOTA- SMA Negeri 1 Berau memiliki segudang prestasi. Salah satunya meraih juara favorit lomba perpustakaan tingkat nasional tahun 2017 lalu.

Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi jajaran pengelola perpustakaan, namun juga masyarakat Berau dan Kalimantan Timur secara umum. Pasalnya perpustakaan dari SMA tertua di Kabupaten Berau ini dipercaya mewakili Kaltim, setelah sebelumnya meraih juara 1 pada penilaian lomba perpustakaan sekolah tingkat Provinsi Kaltim.

Meski belum meraih juara pertama, namun dengan juara favorit menjadi semangat untuk terus memberikan yang terbaik. Perpustakaan SMAN 1 Berau, masih terkendala dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang masih terbatas dibanding dengan perpustakaan sekolah yang mengikuti lomba lainnya.

Sementara dalam presentasi yang disajikan dengan berbagai program pelayanan yang dilakukan, mendapat perhatian cukup memuaskan dari dewan juri.

Sebelumnya, Perpustakaan SMAN 1 Berau yang meraih peringkat 1 lomba perpustakaan tingkat Provinsi Kaltim mengikuti penilaian nasional. Dari kelengkapan dokumen persyaratan, Berau masuk dalam daftar 10 besar dan mendapat kunjungan tim penilai Nasional pada Juli lalu.

Dalam penilaian lomba, perpustakaan sekolah ini ada beberapa komponen penilaian yang menjadi perhatian. Diantaranya organisasi atau kelembagaan, kemudian sistem pengelolaan, layanannya yang mendapat porsi penilaian lebih besar, aspek kerjasama perpustakaan sekolah dengan lembaga lain, anggaran, sumber daya manusia, promosi perpustakaan, koleksi buku maupun dukungan sarana dan prasarana perpustakaan.

Keberhasilan perpustakaan SMAN 1 Berau juga tidak lepas dari dukungan Bupati dan Wakil Bupati Berau, serta Ketua DPRD Berau yang mendukung penuh pengelolaan perpustakaan sekolah. Begitu juga dengan dukungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Diharapkan prestasi yang diraih Perpustakaan SMAN 1 Berau ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh pengelola perpustakaan sekolah di Kabupaten Berau.

Begitu juga dengan pengelola perpustakaan kelurahan dan kampung yang setiap tahun Berau juga terus menunjukkan prestasi terbaiknya.(adv/sb/dho)