Wali Kota Samarinda Andi Harun Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI

Sudah dilihat 190 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA: Pemerintah Kota Samarinda menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022 di Lapangan Gedung Olah Raga (GOR) Segiri, Rabu (17/08/2022). Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) ditunjul menjadi pelaksanaka kegiatan.
Upacara HUT RI tahun ini digelar dengan prosesi standar sebagaimana yang dilaksanakan di istana negara. Acara diikuti oleh perwakilan pegawai di lingkungan pemerintah kota Samarinda, Pelajar, Ormas, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, serta TNI/Polri. Wali Kota Dr H Andi Harun sendiri yang menjadi Inspektur upacara. 
Komandan upacara tahun 2022 ini adalah  Mayor Polisi Militer Eko Zain Kusnanda dari satuan Lanud Dhomber Kalimantan Timur. Ia merupakan putera Pamekasan yang lahir pada 8 September 1982. Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2007 ini adalah Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Dhomber.
Sementara itu yang menjadi komandan Paskibraka adalah Letnan Dua Infanteri Sudirman, kelahiran Sinjai 23 desember 1985. Lulusan Sekolah Perwira Angkatan Darat Tahun 2020 tersebut saat ini  bertugas di  Bataliyon Infanteri 611/ Awang Long sebagai Komandan Peleton Penembak Runduk Kompi Bantuan.
Kemudian yang bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Mayor Infanteri Sugiono. Pria kelahiran Tuban 6 September 1965 ini berdinas di Komando Distrik Militer (Kodim) 0901/ Samarinda sebagai Perwira Seksi Operasi Kodim 0901. 
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Upacara HUT RI ke 77 Tingkat Kota Samarinda tanggal 17 Agustus 2022 nanti merupakan putera-puteri terbaik yang diambil dari para pelajar SMA kota Samarinda di bawah asuhan dan binaan Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda yang saat ini dipimpin oleh H Muslimin, SE, M. Si.
Upacara tingkat kota Samarinda ini dilaksanakan diantaranya diisi dengan pembacaan naskah teks Proklamasi Kemerdekaan RI, mengheningkan cipta, pembacaan do’a, dan pengibaran Sang Saka Merah-Putih. Juga ada persembahan lagu-lagu nasional dan daerah yakni; Hari Merdeka, Merah Putih dan Balarut di Sungai Mahakam. 
Selanjutnya, setelah walikota menempati mimbar upacara dilantunkan pula Andika Bhayangkari. Dan seusai komandan upacara melaporkan kepada Inspektur Upacara bahwa upacara telah selesai serra dilakukan penghormatan kepada Inspektur Upacara, Inspektur upacarapun meninggalkan tempat upacara. 
Setelah menjadi inspektur upacara di halaman GOR Segiri, Wali Kota Andi Harun bergegas meluncur ke lapangan GOR Kadrie Oening untik turut dalam peringatan detik-detik proklamasi pada upacara tingkat Provinsi bersama Gubernur dan para pejabat kaltim lainnya. (DIL/MEDIAIBUKOTA)