Rusmadi Lantik Pengurus Baru Pramuka Samarinda Ulu 2024-2027

Sudah dilihat 1,792 Kali, Hari ini saja ada 3 Kali dilihat

SAMARINDA – Wakil Wali (Wawali) Kota Samarinda, Dr H Rusmadi, yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Samarinda, melantik para pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Kwartir Ranting (Kwaran), dan Dewan Kerja Ranting (DKR) Gerakan Pramuka Samarinda Ulu untuk masa bakti 2024-2027 di Aula Kantor Kecamatan Samarinda Ulu, Sabtu (15/6/2024).

Pelantikan diawali dengan pembacaan ikrar oleh para pengurus baru, yang dilanjutkan dengan penandatanganan naskah berita acara sebagai bentuk resmi dari pengukuhan jabatan mereka. Momen ini juga disertai dengan penyematan tanda jabatan secara simbolis.

Rusmadi melantik Camat Samarinda Ulu, Sujono, sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran). Dalam perannya yang baru ini, Sujono diharapkan dapat memberikan bimbingan dan arahan strategis untuk memajukan Gerakan Pramuka di Samarinda Ulu.

Dalam sambutannya, Rusmadi menyampaikan pandangan dan harapannya terhadap peran penting Pramuka dalam pendidikan dan pembentukan karakter generasi muda. Menurutnya, Pramuka merupakan organisasi pendidikan yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan di Indonesia.

“Pramuka adalah organisasi pendidikan yang tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan dengan tujuan untuk melahirkan generasi yang berakhlak mulia dan memiliki kepribadian yang baik,” ujar Rusmadi.

Ia juga mengingatkan bahwa hidup adalah tentang pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa dan negara Indonesia. Dalam konteks ini, ia menyoroti tantangan besar yang dihadapi Indonesia saat ini, termasuk tantangan sosial, ekonomi, dan budaya. Untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut, Rusmadi menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai kepribadian dan budaya yang kuat.

“Ini sebagai pengingat bagi kita semua bahwa hidup ini tugasnya adalah mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pengabdian kepada negara Indonesia,” tegasnya.

Ia menambahkan bahwa situasi Indonesia saat ini tidak selalu dalam kondisi yang baik, dan ada banyak tantangan besar yang perlu dihadapi dengan bijak dan penuh integritas.

Dirinya juga mengajak seluruh anggota Pramuka, terutama Pramuka dewasa, untuk terus bersemangat dan tidak mengenal kata lelah dalam mengabdi dan berkontribusi melalui Gerakan Pramuka. Ia menekankan bahwa Pramuka memiliki peran penting dalam membangun karakter anak-anak bangsa.

“Tentu saya berharap kepada kita semua untuk tetap bersemangat, tidak boleh lelah dalam beraktivitas Pramuka. Apalagi kita, Pramuka dewasa, tentu tidak mengenal kata lelah untuk memberikan pengabdiannya dalam pembinaan kepramukaan, karena Pramuka ini lahir dalam rangka untuk membangun anak-anak kita yang berkarakter,” tutupnya. (FER/KMF-SMR)