Meningkatnya Pelayanan Kesehatan di Samarinda, Wawali Apresiasi Kinerja BPJS dan OPD

Sudah dilihat 1,836 Kali, Hari ini saja ada 5 Kali dilihat

SAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso, memberikan apresiasi tinggi kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Samarinda serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang telah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di Kota Samarinda.

Hal ini diungkapkannya saat memimpin Rapat Forum Kemitraan Pemerintah Kota Samarinda di Ruang Rapat Mangkupelas Balaikota, Samarinda. Jum’at (14/06/2024) pagi.

Tujuannya tentu ini menjadi wadah untuk membahas berbagai hal terkait dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Samarinda, dengan fokus utama pada peningkatan cakupan kepesertaan dan kualitas layanan kesehatan.

“Meningkatnya pelayanan kesehatan tidak terlepas dari pentingnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan dan memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan secara optimal,” ungkap Wawali.

Selain itu, yang menjadi point utama dibahas yakni tingginya angka rujukan pasien dari fasilitas kesehatan tingkat pertama ke rumah sakit.

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Samarinda, Citra Jaya, menyampaikan bahwa angka rujukan di Samarinda lebih tinggi dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Kalimantan Timur. Hal ini dikhawatirkan dapat membebani sistem JKN dan menyebabkan antrian panjang di rumah sakit.

“Tingginya angka rujukan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, kemampuan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang belum memadai,
Hal ini menyebabkan beberapa penyakit yang seharusnya bisa ditangani di puskesmas harus dirujuk ke rumah sakit dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang tidak sesuai dengan standar,” ujar Citra

Untuk mengatasi masalah ini, BPJS Kesehatan Samarinda telah bekerja sama dengan Pemkot Samarinda dengan meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“Hal ini akan dilakukan dengan cara melatih tenaga kesehatan dan menambah peralatan medis di puskesmas, dan memastikan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang sesuai dengan standar.” Tambahnya.

Sejalan dengan hal tersebut Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti juga menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat. Ia mengajak para pejabat dan tokoh masyarakat untuk menjadi contoh dalam menerapkan gaya hidup sehat agar dapat memotivasi masyarakat lainnya.

“Pejabat dan tokoh masyarakat harus menjadi contoh dalam menerapkan pola hidup sehat. Hal ini dapat memotivasi masyarakat untuk mengikuti dan menjaga kesehatannya,” pesan puji.

Oleh sebab itu, kedepan dari Rapat Forum Kemitraan Pemerintah Kota Samarinda ini diharapkan dapat menghasilkan solusi dan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan mewujudkan masyarakat Samarinda yang sehat. (BAR/ARY/KMF-SMR)