Andi Harun Tutup Kompetisi Baimbai II Tahun 2024

Sudah dilihat 4,439 Kali, Hari ini saja ada 3 Kali dilihat

SAMARINDA: Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperinda) Kota Samarinda melaksankan kompetisi Baimbai II tahun 2024 yang mengambil tema “Bulan Kompetisi Inovasi Menuju Samarinda Berdaya Saing”. Kegiatan berlangsung sejak pagi hingga sore Sabtu (08/06/2024) di Atrium Big Maall jalan Untung Suropati. Pada malam harinya diumumkan pemenang sekaligus acara penutupan kompetisi tersebut.

Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun yang langsung hadir dalam acara penutupan tersebut, menyampaikan betapa pentingnya pengetahuan, pemahaman serta penguasaan teknologi informasi dalam menunjang hampir semua kegiatan di jaman modern saat ini. Begitu pula dengan kegiatan pemerintahan, baik dalam pelaksanaan tugas internal maupun pelayanan publik.

Ia berharap agar semua pihak mampu saling bersinergi dalam mewujudkan smart government bagi Kota Samarinda dan menjadikan kota ini sebagai salah satu yang terdepan dalam pengembangan serta penguasaan teknolgi informasi.

Menurutnya digitalisasi khususnya dalam pelayanan publik bagi warga Kota Samarinda akan memberikan segala kemudahan dan efisiensi waktu, tenaga serta biaya. Ia menambahkan jika digitalisasi dalam pelayanan publik itu akan dapat diakses tidak hanya di satu dinas atau kantor pemerintahan saja, melainkan di semua kantor dinas dan perangkat daerah yang melakukan tugas pelayanan publik.

Hal itu tentunya akan sangat mempermudah masyarakat. Mereka tidak perlu lagi jauh-jauh harus mendatangi kantor-kantor pemerintahan secara satu-persatu sesuai bidang layanan atau kepentingan yang mereka perlukan. Cukup berurusan di satu kantor dan semua dapat diselesaikan, sebab telah terintegrasi secara digital.

Digitalisasi atau transforamsi digital dalam pemerintahan, mendorong keterbukaan informasi, efisiensi dan efektifitas dalam pelaksanaan tugas internal, khususnya pelayanan publik.

Setelah penyerahan piala dan piagam bagi para pemenang serta dewan juri, kompetisi Baimbai II tahun 2024, secara simbolis ditutup oleh Wali Kota Samarinda Bersama dengan Kepala Bapperida H Ananta Fathurrozi SSos MSi. (MAF/KMF-SMR)

 

PEMENANG KOMPETISI BAIMBAI II TAHUN 2024

KATEGORI: TATA KELOLA PEMERINTAHAN

Juara 1: SI ADWIL (Sistem Informasi Administrasi Kewilayahan) dari Bagian Tata Pemerintahan.

Juara 2: Aplikasi SEPAKAT HUB dari Dinas Perhubungan

Juara 3: SI-DIDO (sistem Informasi Arsip Kelurahan Sidodamai) dari Kantor Kelurahan Sidodamai.

Juara 4: Prisma (Program Rihani dan Silaturahmi DPMPTSP Kota Samarinda) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda

KATEGORIPELAYANAN PUBLIK

Juara 1: Pos Ukur Ulang Pasar Rakyat Samarinda (PUSAKA SAMARINDA) dari Dinas Perdagangan,

Juara 2: SANTER-SEJATI (STRATEGI PENINGKATAN PAJAK OFFICIAL TERINTEGRASI) dari BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA SAMARINDA

Juara 3: SIBAPER (Sistem Informasi Database Perumahan) dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Samarinda

Juara 4: Tanya Ahli Gizi x GeMaR ManCING, dari UPTD Puskesmas Lok Bahu.

INOVASI LAINNYA

Juara 1: Stasiun Kualitas Udara dan Cuaca / Polisi Polusi Udara Keliling. Dari Universitas Mulawarman, Fakultas Teknik, Informatika.

Juara 2: PROYEK PEMANFAATAN TANAMAN SALAM (Eugenia Polyantha) SEBAGAI OBAT HERBAL ASAM URAT. Dari SMP NEGERI 11 SAMARINDA / SISWA SISWI SMP NEGERI 11 SAMARINDA.

Juara 3: Teknologi tepat guna sebagai pendidikan non formal siswa siswi SMK/SMP SEDERAJAT. Dari POSYANTEK PATRA MAJU SAMARINDA.

Juara 4: Samarinda Hop dari Universitas Mulawarman