Peningkatan SDM, TKBM Komura Adakan Pelatihan Rigger Berbasis Kompetensi

Sudah dilihat 5,743 Kali, Hari ini saja ada 3 Kali dilihat

SAMARINDA– Koperasi Samudera Sejahtera (Komura) yang menaungi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Komura Pelabuhan Samarinda, melakukan pelatihan Pembinaan K3, bidang rigger (Juru ikat), dirangkai dengan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) dengan tema “Peningkatan Mutu Tenaga kerja Bongkar Muat”, yang dilaksanakan 14-16 Mei 2024. Bertempat di Gedung serba guna Komura, Jalan Pattimura Kelurahan Mesjid, Samarinda Seberang.

Foto: TKBM Komura bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Samarinda dan Kepala Dinasnaker Samarinda beserta para Pengurus Komura (Adit/Prediksi).

Wakil ketua Komura Dwi Hari Winarno menuturkan peningkatan kompetensi, keahlian/kemampuan selalu dituntut oleh dunia usaha, sebagai individu maupun sebagai badan –dalam hal ini Komura–, berkewajiban memasilitasi tenaga kerja yang dimiliknya.

“Tenaga kerja kita saya yakin sudah bisa dan menguasai apa yang dilatihkan hari ini, tapi tidak hanya sebatas itu, kita perlu bukti yang bisa berlaku, dalam bentuk sertifikat kompetensi, inilah yang kita lakukan hari ini,” ungkapnya.

Menurut Dwi, pelatihan ini secara internal merupakan peningkatan kemampuan pekerja itu sendiri, suatu saat nanti dengan kompetensinya bisa saja pekerja kita berkeinginan bekerja di perusahaan lain dalam rangka pengembangan dirinya, oleh karena itu kita fasilitasi pelatihan Rigger ini.

“Secara eksternal ini merupakan pemenuhan peraturan pemerintah dan tuntutan dari dunia usaha,” jelasnya.

Foto: Ketua Panitia Pelatihan Rigger Kevin Kamal (Adit/Prediksi).

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelatihan Rigger (Juru Ikat), Kevin Kamil menuturkan, pelatihan ini berkaitan dengan perihal profesionalitas dan kualitas TKBM.

“Hari ini yang mengikuti pelatihan Rigger merupakan¬† perwakilan dari 10 unit lokal, dengan total 44 peserta, pelatihan nanti akan dirangkai dengan proses uji kompetensi,” terang Kevin yang juga merupakan Wakil Ketua Serikat Pekerja Transportasi Samarinda ini.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Samarinda, Wahyono Hadi Putro. Dirinya¬† memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TKBM Komura, yang telah melaksanakan pelatihan Rigger ini. ” Hal ini merupakan¬† upaya peningkatan keterampilan dan keselamatan bagi tenaga kerja bongkar muat Komura, kami dukung penuh,” ungkapnya. (Di/Le)