1.150 Buruh TKBM Komura Terima APD Berupa Sepatu Safety, Bangkitkan Kesadaran Keselamatan Diri

Sudah dilihat 5,643 Kali, Hari ini saja ada 4 Kali dilihat

SAMARINDA– Koperasi Samudera Sejahtera (Komura) kembali mengadakan penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) dalam bentuk sepatu kerja untuk seluruh anggota Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Komura. Bertempat di Aula kantor Komura, Jalan Pelabuhan, Karang Mumus, Kec. Samarinda Kota. Rabu (8/5/2024).
Sekretaris Komura Pamiliyanto sebelum menyerahkan APD memberikan banyak arahan mengenai keselamatan terhadap para buruh yang hadir.
“Kita memiliki 44 unit yang terdiri dari 34 Unit Nusantara (laut) dan 10 unit Lokal (pelabuhan), dengan total 1.150 pasang sepatu safety,” ungkapnya.
APD tak hanya berupa sepatu, melainkan sebelumnya telah dibagikan helm, rompi dan audio monitor. Untuk audio monitor khusus diperuntukkan untuk unit Nusantara. Untuk memudahkan komunikasi di laut.
Bahkan, menurut Pamiliyanto, semua APD telah disesuaikan dengan kebutuhan para buruh. Seperti sepatu safety yang dibagikan hari ini, unit Nusantara dan unit lokal berbeda, karena kondisi lapangan yang berbeda.


Foto: Pemberian sepatu safety secara simbolis oleh Wakil Ketua Umum Komura Dwi Hari Winarno (Adit/Prediksi).
“Pemberian APD rutin kita lakukan, jadi bukan yang pertama kali. Ini agar menumbuhkan kesadaran pentingnya keselamatan saat bekerja. Jadi tak hanya memenuhi persyaratan perundang-undangan. Ini bagian dari tanggung jawab pengurus agar seluruh buruh bekerja dengan aman, selamat sampai kembali ke rumah,” terangnya.
APD ini, kata dia lagi, sudah merupakan kebutuhan yang melekat kepada seluruh buruh. Dan seragam/rompi ini juga diharapkan akan menimbulkan lagi rasa bangga terhadap pekerjaan.
Komura, kata Pamiliyanto juga terus memberi perhatian serius terhadap seluruh pekerja yang tergabung dalam TKBM Komura, salah satunya peningkatan kompetensi yang segera akan diselenggarakan pada 14 Mei 2024 ini, mengambil tema pelatihan rigger.


Foto: Suasana pemberian arahan pengurus Komura kepada para buruh (Adit/Prediksi).
Pelatihan Rigger ini bertujuan memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengenai tugas dan fungsi dari pekerjaan pengikatan yang benar dan aman. Aman bagi para tenaga kerja, barang – barang yang dibawa atau diikat dan aman bagi lingkungan tempat kerja.
“Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh panitia, pengurus, pengawas dan pembantu umum yang telah mengadakan pemberian APD  ke seluruh buruh. Ini bukan soal pemenuhan persyaratan ataupun kewajiban Komura, melainkan bagian dari menyejahterakan seluruh buruh.” Tutupnya. (Di/Le)