Andi Harun Terima Perwakilan Masyarakat Soal Air Bersih. Solusi Jangan Panjang dan Pendek Didapat

Sudah dilihat 2,977 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA– Wali Kota Samarinda Andi Harun duduk bersama dengan perwakilan warga RT.41 Perumahan Borneo Mukti 2 dan Bumi Hijau Kelurahan Mugirejo di Ruang Kerja Wali Kota Samarinda pada Rabu (24/4/2024).
Ada dua solusi terkait air bersih yang menjadi pemikirannya, yakni solusi jangka panjang dan jangka pendek dalam mengurai permasalahan air bersih ini. Dirinya menyampaikan solusi jangka panjang berupa usulan pembangunan booster dan pompa di Simpang Perjuangan Gerilya dari 8 inci menjadi 10 inci, ini menjawab permalasahan air bersih di Samarinda Utara.
Keputusan ini, kata Andi Harun, mengharuskan warga di Perumahan Borneo Mukti 2, yang diwakili oleh ketua RT 41, untuk bertanggung jawab dalam penyerahan surat tanah sebagai bahan booster. Bersamaan dengan itu, Dinas PUPR akan segera mempersiapkan lelang pekerjaan untuk pembangunan booster tersebut kekurangan atau pekerjaan yang belum terakomodir dalam pekerjaan cipta karya, akan dibangun dan dibiayai oleh PDAM.
“Untuk jangka pendek, disepakati suplai air menggunakan air PDAM ke bak penampungan milik pengelola WTP. Metode pembayaran akan diatur bersama antara warga dan penyelenggara WTP, yang akan difasilitasi oleh Camat Sungai Pinang,”terangnya.
Dalam pertemuan juga dibahas teknis pengangkutan air dan armada pengangkutannya, yang akan dibicarakan setelah terjadi kesepakatan. Koordinasi antara PDAM dan camat diharapkan agar rencana lahan pembangunan booster dapat dipermanenkan.
“Ini kabar gembira, karena air bersih adalah hak dasar yang harus dipenuhi,” ungkapnya.
Turut hadir dalam pertemuan itu Direktur Umum Perumdam Tirta Kencana, Yusfian Nor, Ketua TWAP Samarinda Syaparudin beserta anggota, Kepala Dinas Perkim Herwan Rifa’i, Camat Sungai Pinang Siti Hasanah, Dinas PUPR, dan Lurah Mugirejo, Nur Irwansyah. (Adv Diskominfo Samarinda/Di/Le).