Pertumbuhan ekonomi Samarinda mencapai 8,62%, meningkat dari 6,6% Dibanding Tahun Sebelumnya

Sudah dilihat 65 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

Foto: Wali Kota Samarinda Andi Harun saat berada di Rapat Paripurna di DPRD Kota Samarinda (Dok)
Samarinda, Prediksi.co.id- Wali Kota 
Samarinda mengungkapkan bahwa Pertumbuhan ekonomi Samarinda pada tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan di tengah tantangan global. 
Wali Kota Samarinda Andi Harun menuturkan. Pertumbuhan ekonomi Samarinda mencapai 8,62%, meningkat dari 6,6% pada tahun sebelumnya (2022),” ujar Andi Harun dalam Rapat Paripurna DPRD Samarinda yang digelar pada Rabu (27/3/2024).
Rapat Paripurna tersebut digelar di Ruang Rapat DPRD Samarinda, Lantai 2 dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Samarinda Tahun Anggaran 2023.
Padahal, menurut Andi Harun, perekonomian global diwarnai dengan ketidakpastian yang dipicu oleh dinamika negara-negara maju hal ini justru berbanding terbalik dengan tingkat perekonomian di Samarinda yang mengalami peningkatan 
Tak hanya itu, Andi Harun mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Samarinda juga mengalami peningkatan yang membanggakan, mencapai 82,32% pada tahun 2023, lebih tinggi dari 81,43% pada tahun 2022.

Tren positif juga terlihat dalam penurunan angka kemiskinan dan pengangguran di Samarinda. Angka kemiskinan Samarinda turun menjadi 4,81% dari tahun sebelumnya, sementara angka pengangguran menurun dari 6,78% pada tahun 2022 menjadi 5,92% pada tahun 2023.

“Untuk itu, kita bersyukur, Samarinda masih menunjukkan ketangguhan dan ketahanan ekonomi di tengah badai ekonomi global. Ini merupakan contoh pentingnya kerja keras bersama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam membangun ekonomi yang kuat dan berkelanjutan di masa yang penuh dengan tantangan ini,” terangnya. (Adv Diskominfo Samarinda/Di/Le)