Format Kaltim dan Taman Budaya Kaltim Akan Gelar Workshop Pantun dan Sandima

Sudah dilihat 1,438 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, Forum Akualisasi Seni Tradisional (FORMAT) Kaltim dan Taman Budaya Kaltim menggelar rapat persiapan Workshop Rahasia Besar Jago Berpantun, Workshop Sandiwara Mamanda (Sandima), dan Lomba Monolog Komedi Sandima. Rapat tersebut berlangsung di Kafe Taman Budaya Jalan Kemakmuran Samarinda, Jumat (26/8/2023) malam.

Dalam rapat tersebut disepakati bahwa kegiatan workshop akan diselenggarakan pada tanggal 2 dan 3 September 2023. Kegiatan workshop akan meliputi workshop rahasia besar jago berpantun, workshop sandiwara mamanda (Sandima), dan lomba monolog komedi Sandima.

Kepala Taman Budaya Kaltim Novarita menyambut baik rencana kegiatan tersebut. Ia bahkan menawarkan fasilitas dan bantuan kepada FORMAT untuk menggelar kegiatan seni budaya. Novarita juga ingin menjadikan Sandima sebagai tema kegiatan Taman Budaya Kaltim.

Elansyah Jamhari selaku Ketua FORMAT Kalimantan Timur menyampaikan terimakasih atas dukungan Novarita terhadap Kesenian Sandiwara Mamanda yang merupakan kesenian khas Samarinda. Kesenian khas Samarinda yang sudah puluhan tahun dihasilkan melalui proses panjang oleh puter-puteri Kota Tepian ini.

Sementara itu ahli pantun dari FORMAT Kaltim Abdillah Syafei mengaku salut dengan kepedulian Kepala Taman Budaya yang mampu merangkul semua kalangan seniman demi memajukan seni budaya di daerah ini. Dalam konteks Samarinda, Abdillah optimis hal ini merupakan salah satu kontribusi yang penting dalam mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban.

Hal senada diungkapkan oleh para seniman lain yang hadir seperti Ian BL (pemeran Panglima dalam Sandima yang juga Ketua Teater Mahakam), Desi (pemeran Permaisuri Sandima), Riyani (Pemeran emban dan rakyat), SIti Rahmadaniah (Pimpinan Kelompok Musik Kuarsa Mahakam yang juga merupakan kelompok musik khas Sandima) serta M. Rohim yang juga ketua Sandima.

Selain workshop, FORMAT Kaltim dan Taman Budaya Kaltim juga akan menggelar ekspo kebudayaan pada akhir bulan September nanti. Dalam Ekspo tersebut akan ditampilkan berbagai hasil karya seniman Sandima, seperti kostum, properti, dan musik. Serta dibuatkan Boot untuk pengunjung berfoto dengan tokoh karakter Sandiwara Mamanda. (DIL/SNDM)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,342 Kali, Hari ini saja ada 105 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…