Bangun Wawasan Antikorupsi Berbasis Keluarga, Pemkot Gandeng KPK

Sudah dilihat 47 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

CEGAH KORUPSI: Wali Kota Andi Harun dan David Sepriwasa, Kasatgas Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat (Foto: Ist)

Samarinda, Prediksi.co.id- Dalam upaya mencegah tindak pidana korupsi, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bersinergi dan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek). Berlangsung di Swiss Bell Hotel, Jalan Mulawarman, Samarinda, Rabu (23/8/2023).
Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menyampaikan betapa pentingnya peran keluarga dalam upaya pencegahan korupsi, mengingat ada dua kondisi yang rawan korupsi jika menyangkut hubungan keluarga dan penyelenggara negara.
Kehadiran pasangan dari pejabat dalam kegiatan ini, lanjut Andi Harun, sangat penting karena membantu dalam menjalankan tugas-tugasnya. Selain itu, Wali Kota Andi Harun memberi atensi tentang pentingnya mengikuti gaya hidup yang sejalan dengan kemampuan pasangan.
Kebiasaan gaya hidup mewah dapat menyebabkan keinginan yang banyak dan mengeluarkan uang semakin besar. Jika nilai-nilai antikorupsi telah tertanam dalam lingkungan keluarga, maka pejabat akan lebih mampu menahan diri dari tindakan korupsi.
Dengan peran keluarga, setiap pejabat dapat mencegah tindak korupsi dan meningkatkan integritas penyelenggara pemerintahan di Kota Samarinda.
“Untuk mencegah pemberantasan korupsi melalui peran keluarga para penyelenggara di Pemkot Samarinda semakin berintegritas,” ujar Wali Kota Andi Harun.
Lebih lanjut, ia menerangkan tujuan memberikan pemahaman dan pendidikan tentang integritas kepada keluarga para pegawai pemerintahan.
Integritas yang dimulai dari keluarga dapat menjadikan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban menjadi tema besar dalam bimtek ini 
Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh seluruh pejabat dan istri di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tak terkecuali ikut serta pula Camat dari seluruh wilayah Kota Samarinda. (Di/Le)