Rinda Wahyuni Dukung Malam Apresiasi Seni dan Budaya

Sudah dilihat 3,467 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA: Sebuah pagelaran penuh keindahan seni dan budaya telah disuguhkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda. Acara bertajuk “Malam Apresiasi Seni dan Budaya” tersebut berlangsung meriah di rumah adat Banjar, Kutai Dayak (BAKUDA) pada Sabtu malam (05/08/2023).

Acara ini berhasil menyedot perhatian banyak kalangan, terutama Bunda Hj. Rinda Wahyuni, istri Wali Kota Samarinda, yang memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap kegiatan tersebut.

“Luar biasa! Pokoknya malam Apresiasi Seni dan Budaya yang digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Samarinda ini benar-benar bikin saya terkagum-kagum,” ujar Rinda Wahyuni ketika diwawancarai media.

Tidak hanya Rinda, tamu undangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga tak kalah terkagum-kagum dengan penampilan luar biasa para generasi muda malam itu. Kreativitas dan nilai seni yang tinggi terpancar dari setiap pertunjukan yang mereka sajikan.

“Seni modern nya dapat, seni daerahnyapun dapat. Anak-anak ini sangat pintar memadukan. Jadi seni kontemporernya sangat dapat ini,” lanjut Rinda dengan antusias.

Bagi Rinda Wahyuni, satu hal yang sangat membanggakan adalah melihat generasi muda Samarinda yang, di tengah kemajuan zaman, masih sangat mencintai dan melestarikan seni daerah mereka.

Hal ini menurut dia sungguh luar biasa. Sehingga Rinda berharap acara semacam ini selalu diadakan sebagai wadah bagi para seniman dan anak-anak muda kita untuk terus mengembangkan kreativitas mereka.

Keberadaan dan perhatian dari “ibu Wali Kota” ini menjadi kegembiraan tersendiri bagi para seniman dan pegawai Dinas Pendidikan Kota Samarinda yang terlibat dalam penyelenggaraan acara. Bahkan, Rinda tak ragu untuk tetap menonton hingga acara berakhir sekitar pukul 22.30 WITA.

Di akhir pertunjukan, Rinda Wahyuni dan para pejabat turut serta dalam tarian massal bersama beberapa penari Hudoq, semakin menambah semaraknya malam tersebut.

Melalui media ini, Ketua PKK Kota Samarinda tersebut memberikan pesan kepada para seniman, terutama para senior, agar terus membimbing, melatih, dan melestarikan seni budaya yang ada di Kota Samarinda. Ia juga mengajak para generasi muda untuk mencintai dan mempertahankan warisan budaya ini.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Dr. Asli Nuryadin, mengajak para seniman untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di kompleks Rumah Adat Bakuda untuk berlatih dan menampilkan karya-karya mereka. Menurutnya, Pemerintah Kota Samarinda telah menyediakan sarana bagi generasi muda untuk berekspresi sesuai dengan bidang seni dan budaya yang mereka tekuni.

Keberhasilan acara Apresiasi Seni ini menunjukkan bahwa pemerintah Kota Samarinda telah berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan daerah dan memberikan wadah yang positif bagi para generasi muda untuk menyalurkan minat dan bakat mereka dalam dunia seni budaya.

Acara Malam Apresiasi Seni dan Budaya yang dimotori oleh Kabid Kebudayaan Hj Ernawati ini juga dihadiri oleh berbagai kelompok kesenian, komunitas, tokoh budaya, dan sekolah-sekolah yang turut serta dalam pembinaan seni budaya di Kota Samarinda.

Keberagaman kehadiran tokoh-tokoh kesenian dan kebudayaan dari berbagai latar belakang menambah semarak dan nilai kebhinekaan dalam acara tersebut. (ADV/UJE/KMF-SMR)