Kota Samarinda Mantapkan Persiapkan Sambut MTQ Kecamatan Hingga Nasional

Sudah dilihat 1,462 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Pemerintah Kota Samarinda mengadakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan dan Tingkat Kota Samarinda, Senin (31/07/2023) pagi. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra ini digelar di Bontang Room, Hotel Puri Senyiur, Jl. Ruhui Rahayu Samarinda.

Rapat dihadiri oleh Plh Asisten I Sekretaris Kota Samarinda, Kepala Kementerian Agama Kota Samarinda, Pengurus TWAP, Bappedalitbang, PNPKAD, Kabag Kesra, Sekretaris Umum LPTQ Kota Samarinda, Wakil I Sekretaris LPTQ Kota Samarinda, Koordinator Kesekretariatan LPTQ Kota Samarinda, serta para Ketua LPTQ Kecamatan se-Kota Samarinda.

Rapat dimulai dengan Laporan Kabag Kesra Kumarul Zaman tentang hasil Rapat Koordinasi LPTQ Provinsi Kalimantan Timur pada hari Jum’at dan Sabtu (28-29 Juli 2023) lalu di Hotel Harris Samarinda. Dibahas juga berbagai hal berkenaan dengan kesiapan Samarinda sebagai salah satu tempat penyelenggaraan lomba dalam MTQ Tingkat Nasional tahun 2025. Rencananya acara pembukaan akan diselenggarakan di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain itu juga dibahas event tingkat Kaltim yang akan juga digelar tahun berikutnya yakni MTQ Ke 45 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Kutai Timur pada Tahun 2025.

Rapat tingkat Kota Samarinda hari ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi LPTQ Provinsi Kalimantan Timur pada hari Jum’at dan Sabtu lalu. Hal ini penting mengingat Samarinda merupakan salah satu kota yang menjadi tempat penyelenggaraan lomba cabang MTQ tingkat Nasional nantinya.

Menurut Kumarul Zaman, dalam rapat tingkat provinsi tersebut telah disepakati bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Bersama LPTQ Provinsi Kalimantan Timur mempersiapkan Pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024

LPTQ Provinsi Kalimantan Timur mempersiapkan Keikutsertaan Kafilah pada MTQ Tingkat Nasional Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur dengan Target bisa masuk dalam 5 besar. Dan MTQ tingkat Provinsi tidak diadakan pada tahun 2024 nanti.

Rapat kali ini juga mengevaluasi Hasil Keikutsertaan Kafilah Kota Samarinda pada MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 di Kota Balikpapan beberapa waktu lalu, dimana saat itu Samarinda menempati posisi Juara 3 .

Ketua Harian LPTQ Kota Samarinda H Ridwan Tassa mengungkapkan harapannya bahwa prestasi kafilah Samarinda dapat terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Untuk meraih prestasi haruslah dengan pembinaan yang baik dan tidak boleh melakukan kecurangan seperti dengan mengambil “pemain” luar.

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Samarinda H Baequni menyampaikan tentang program digitalisasi yang akan dilakukan pemerintah pusat untuk pelaksanaan MTQ kedepannya. Hal ini berkaitan dengan pendaftaran peserta, perekrutan hakim, perekrutan panitera, serta penilaian dan hasil MTQ yang juga dilakukan secara digital. Dia berharap Samarinda sudah bisa menerapkan digitalisasi ini pada MTQ tahun 2025 nanti.

Kembali ke evaluasi soal prestasi Kota Samarinda pada MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Balikpapan tahun 2023 lalu, dimana Samarinda meraih peringkat 3 dengan perolehan point 80 point sebagai berikut:

Juara I perorangan sebanyak 9 orang dengan total point 45 yang diperoleh dari Cabang Tilawah Gol. Tartil Qur’an Putra, Cabang Tilawah Gol. Anak Putri, Tilawah Gol. Qiraat Mujawaad Remaja Putra, Tilawah Gol. Qira’at Mujawwad Dewasa Putra, Khottil Qur’an Gol. Naskah Putra, Khottil Qur’an Gol. Naskah Putri, Khottil Qur’an Gol. Kontemporer Putra, Khottil Qur’an Gol. Kontemporer Putri, MKTIQ Putra, dan MKTIQ Putri.

Juara II perorangan sebanyak 9 orang dengan total point 27, diperoleh dari Cabang Tilawah Gol. Remaja Putra, Cabang Tilawah Gol. Dewasa Putra, Tilawah Gol. Qira’at Mujawwad Dewasa Putri, Tilawah Gol. Cacat Netra Putra dan Putri, Tafsir B. Inggris Putri, Khat Gol. Dekorasi Putra, dan Khat Gol. Hiasan Mushaf Putra.

Juara III perorangan sebanyak 7 orang dengan total point 7 dari Cabang Tahfidz Gol. 1 Juz dan Tilawah Putri, Cabang Tahfidz Gol. 10 Juz Putra, Cabang Tahfidz Gol. 30 Juz Putra, Tafsir Gol. B.Indonesia Putra, Tafsir Gol. B. Inggris Putra, Hafalan 100 Hadits Putri, Hafalan 500 Hadits Putra. Poin tersebut ditambah lagi dengan Juara III beregu sebanyak 1 regu dengan total point 1 yang diraih dari Cabang Syarhil Putri. (ASYA/KMF-SMR)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 17,827 Kali, Hari ini saja ada 112 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…