Grand Final Pemilihan Kanda-Dinda Duta Budaya Tingkat Kota Samarinda Tahun 2023

Sudah dilihat 2,091 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDAIBUKOTA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda, menyelenggarakan Pemilihan Kanda-Dinda Duta Budaya tahun 2023 untuk tingkat Kota Samarinda. Kegiatan berlangsung di Ballroom Hotel Grand Verona jalan Jendral S Parman, pada Sabut (29/7/2023) malam.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda Hj Ernawati SE, selaku ketua panitia menyampaikan, Pemilihan Kanda-Dinda merupakan salah satu bentuk dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, dalam usaha untuk melestarikan adat tradisi dan seni budaya daerah. Pemilihan Kanda-Dinda tahun 2023 tingkat Kota Samarinda ini, merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya.

Pada awalnya peserta berjumlah 20 orang yang terdirid dari 8 pria dan 12 wanita. Setelah melalui proses karantina dan seleksi yang ketat, pada malam Grand Final ini terpilih 16 peserta, yaitu 6 pria dan 10 wanita. Dalam proses karantina, para peserta diberi pembekalan wawasan kebudayaan, wawasan kebangsaan, sejarah Kota Smaarinda, public speaking dan lain-lain.

Menutup laporannya, Ernawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada : Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun beserta jajarannya, tim MDFM, manajemen Hotel Grand Verona, Wardah Kosmetik, KAHF Samarinda, manajemen City Centrum Mall serta manajemen Hotel Royal Park, yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Pemilihan Kanda-Dinda tahun 2023 tingkat Kota Samarinda.

Kepala Disdikbud Kota Samarinda, Dr H Asli Nuryadin S Pd MM, dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia dan semua pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan Pemilihan Kanda-Dinda tahun 2023 tingkat Kota Samarinda.

Mengakhiri sambutannya, Asli Nuryadin berharap, para Kanda-Dinda yang terrpilih menjadi juara, dapat menjadi duta mewakili dan membantu Pemkot Samarinda dalam menyampaikan informasi-informasi pendidikan, seni dan kebudayaan, sejarah serta hasil-hasil pembangunan di Kota Samarinda.

Selanjutnya, Asisten I Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Dr H Muhammad Ridwan Tassa MM yang hadir mewakili Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun, menyampaikan sambutannya.

Senada dengan Asli Nuryadin, Ridwan Tassa mengharapkan, para juara Kanda-Dinda mampu dan memiliki wawasan pengetahuan mengenai kebudayaan, wisata, seni dan sejarah Kota Samarinda.

Dia memaparkan beberapa program pembangunan yang dilakukan Pemkot Samarinda, yang berkaitan dengan wisata, seperti pembangunan Teras Samarinda, kemudian pembangunan Pasar Pagi-Masjid Raya Darussalam-Kompleks Perbelanjaan Citra Niaga yang menjadi satu kesatuan, yang kedepannya akan menjadi destinasi bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Samarinda.

Menurut Ridwan Tassa, giatnya Pemkot Samarinda melakukan pembangunan diberbagai bidang, bertujuan untuk menunjang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Samarinda, menuju Samarinda Sebagai Kota Pusat Peradaban.

Perbaikan jalan, penerangan jalan, drainase dan melengkapi berbagai fasilitas umum lainnya, akan memberikan kemudahan bagi siapa pun yang berada di Kota Samarinda. Baik pejabat, pengusaha, warga masyarakat hingga wisatawan akan dapat merasakan manfaatnya dan akan memberikan rasa nyaman. Termasuk wisatawan yang akan betah berada dan berlama-lama di Kota Samarinda.

Ridwan Tassa juga menyampaikan apresiasi kepada Disdikbud Kota Samarinda yang telah melakukan berbagai upaya dalam menunjang pembangunan Kota Samarinda sesuai ruang lingkup bidang kerjanya.

Dia menegaskan, jika semua pihak dapat ambil bagian dalam memajukan pembangunan di Kota Samarinda. Pemkot Samarinda melalui Dinas dan berbagai OPD, akan selalu hadir ditengah-tengah warga Kota Samarinda sesuai bidang kerjanya masing-masing. Termasuk Kanda-Dinda yang terpilih menjadi juara, nantinya akan mengemban tugas membantu Pemkot Samarinda sebagai Duta Budaya yang artinya ikut membangun Kota Samarinda melalui bidang seni, budaya dan wisata.

Hal ini disampaikan Ridwan Tassa menutup sambutannya sekaligus membuka Malam Grand Final Pemilihan Kanda-Dinda Tahun 2023 tingkat Kota Samarinda.

Pada Malam Grand Final Pemilihan Kanda-Dinda Tahun 2023 tingkat Kota Samarinda ini, terlihat pula kehadiran Hj Rinda Wahyuni Andi Harun dan Hj Herly Warsita Rusmadi. Bahkan Rinda Wahyuni Andi Harun menjadi juri kehormatan dalam sesi tanya-jawab sesuai pilihan peserta, selain 3 orang juri utama yaitu : Ainun Jariah, Agnes Gering Belawing dan Suko Buwono.

Malam Final Pemilihan Kanda-Dinda tahun 2023 tingkat Kota Samarinda, memilih masing-masih 3 juara Kanda dan Dinda ditambah kategori Best Talent, Best Performance dan Best Intelegensia. (MAF/KMF-SMR)

Juara Kanda :
1.Muhammad Pasha Ramadhan
2.Muhammad Zaini Ghoni
3.Muhammad Bintang Nur Cahyo

Juara Dinda :
1.Dara Hernanda Savitri
2.Aster otevy
3.Nadyne Meisya Aqilla

Best Talent :
Ira Restyana Wahyudi

Best Performance :
Zulfahmi Hendra

Intelegensia :
Soraya Anissa A