Wawali Rusmadi, Hadiri Launching Kampung Moderasi Beragama

Sudah dilihat 1,642 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Samarinda, melaksanakan Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB). Pelaksanaan lounching dilakukan di halaman Raudhatul Athfal (RA/Taman Kanak-kanan) Al Huda jalan Sultan Alimudin Gang Perintis RT 19 Kelurahan Selili Kecamatan Samarinda Ilir, pada Rabu (26/7/2023) pagi.

Mengawali sambutannya, Wakil Wali Kota Samarinda (Wawali) Dr H Rusmadi Wongso menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Agama, yang terus aktif dalam membina kerukunan antar umat beragama.

“Hormat kami, apresiasi kami, penghargan kami dari Pemerintah Kota Samarinda kepada Kementerian Agama yang terus berikhtiar dalam rangka untuk membangun suasana guyub rukun, suasana kekeluargaan, suasana aman dan damai” ucap Rusmadi.

Menurut Rusmadi, suasana yang aman dan damai itulah yang membuat kehidupan kita dalam berbangsa, bernegara dan bermasyarakat lebih bergairah.

Rusmadi berharap dengan dilounchingnya KMB, dapat meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya toleransi, saling menghargai antar umat beragama, sehingga tercipta suasana damai dan sejuk dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menmbahkan, Indonesia memiliki keberagaman suku, budaya dan agama yang selama ini telah mampu dibina dan dijaga dalam bingkai persatuan. Memasuki usia kemerdekaan yang ke-77 tahun, Indonesia tetap bisa berdiri kokoh.

Wawali Rusmadi mengatakan bahwa, kata silaturahmi, harmoni, moderasi, persatuan dan kesatuan itu dalam bahasa perencanaan pembangunan kita, untuk kemajuan Indonesia, itu adalah modal dasar pembangunan nasional. “Artinya, kalau tidak ada persatuan, bangsa ini tidak mungkin maju” imbuhnya.

Tentang persatuan atau kebersamaan dalam pembangunan, Rusmadi mencontohkan mengenai salah satu program pembangunan yang telah dilaksanakan di Kota Samarinda, yaitu Probebaya, dimana kata”Bebaya” yang artinya bersama-sama. Probebaya adalah program pembangunan yang secara langsung melibatkan semua unsur, dari pemerintah hingga masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Kota Samarinda Dr H Baequni M Pd, menyampaikan jika Louncing KMB di Kota Samarinda akan ada di dua tempat, yaitu di Kelurahan Selili dan juga di Kelurahan Bukuan. Secara simbolis, Dr H Baequni selaku Kepala Kemenag Kota Samarinda, menandatangani Lounching KMB.

Lounching KMB ini, dihadiri pula oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Timur Drs H Abdul Khaliq M Pd, Ketua Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) Saparuddin S Sos. dan juga Budayawan senior Hamdani yang puisinya dibacakan diawal acara. (ADV/MIK/MAF/KMF-SMR)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 17,799 Kali, Hari ini saja ada 84 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…