Diskominfo Samarinda Sampaikan Pesan Probebaya Melalui Kesenian Tradisi

Sudah dilihat 408 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda menggelar Pentas Musik Diseminasi Informasi dengan tujuan utama menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat melalui kesenian tradisional yang memikat hati. Acara berlangsung Jum’at (14/07/2023) malam di Panggung Arena Kaltim Fest yang berada di Stadion Sempaja Samarinda.

Diskominfo kota Samarinda mempersembahkan dua kelompok seni yang menghadirkan pertunjukan yang luar biasa. Kelompok seni pertama yang tampil adalah PTTBand, sebuah grup musik yang terdiri dari para pegawai honorer Pemerintah Kota Samarinda. Mereka memukau penonton dengan performa energik yang dipadu dengan kepiawaian bermusik.

Personil PTTBand yang tampil adalah Chris sebagai Vocalis, Tommy di Gitar, Ary memegang Bass, Ferdy penggebuk Drum, dan Apong yang juga memetik Gitar menggantikan posisi Nanda yang berhalangan hadir lantaran sedang bertugas di luar kota.

Sementara itu, kelompok seni tradisional Samarinda yang dikenal dengan nama “Samarinda Lagu Tingkilan” (SALATING) menyajikan penampilan kedua. Menggunakan irama musik khas tingkilan yang menjadi ciri khas Kota Samarinda, mereka menyanyikan lagu-lagu daerah yang sarat dengan nilai sejarah dan pesan-pesan pembangunan.

Salating menurunkan 11 personil, yakni Rafif Fadholi Finandar (Gambus), Raihan Ilham Syauqi (Ukulele), Abdillah (Gendang), Surya Wahyuni (Jimbe), Muhammad Nur Rahim (Gong dan Barchame), Siti Rahmadaniah (Vokal), Syaifatul Hadijah (Vokal), Rusdiansyah (pengantar carang), Nurul Aini (Penari) Mulia (penari). Serta dilengkapi oleh seorang penabuh gendang cilik Alfie Gemilang Syauqi.

Pentas Seni Rakyat ini merupakan bagian dari upaya Diskominfo Samarinda dalam menyebarkan pesan-pesan pembangunan dan memperkuat identitas budaya kota Samarinda. Melalui keindahan seni dan musik tradisional, masyarakat diingatkan akan pentingnya menjaga dan menghargai warisan budaya yang ada di daerah ini.

Acara yang diadakan di Panggung Arena Kaltim Fest, yang berlokasi di Stadion Sempaja Samarinda ini berlangsung dalam suasana yang meriah. Para penonton terlihat sangat antusias dan terhibur oleh pertunjukan yang ditampilkan. Suksesnya acara ini membuktikan bahwa seni tradisional tetap memiliki tempat yang istimewa di hati masyarakat Samarinda.

Pentas Seni Rakyat ini merupakan salah satu bagian dari cara Diskominfo mendukung program Probebaya yang tengah digalakkan oleh pemerintah kota Samarinda. Dalam kepemimpinan Wali Kota H. Andi Harun dan Wakil Wali Kota H. Rusmadi Wongso, kota ini terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang signifikan. Dengan menggabungkan kekuatan seni tradisional dan pesan-pesan pembangunan, pemerintah berharap dapat memperkuat semangat rakyat untuk turut berperan aktif dalam pembangunan kota Samarinda.

Menurut Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Syamsul Anwar, S.Sos, Acara Pentas Seni Rakyat yang diselenggarakan pada malam ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan membangkitkan rasa cinta terhadap budaya lokal. Diskominfo Samarinda tetap berkomitmen untuk terus menyampaikan informasi pembangunan dengan cara yang menarik dan menggugah minat masyarakat. (ADV/ALI/MAL/MIK)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,291 Kali, Hari ini saja ada 54 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…