Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim Kembali Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Sudah dilihat 1,996 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA – Dalam rangkaian hari raya Idul Adha 1444 H, Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) kembali melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pemyembelihan hewan kurban oleh KBBKT dilaksanakan pada H+2 hari raya Idul Adha. Untuk tahun ini, bertepatan pada hari Sabtu (1/7/2023). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Forum Kebangsaan yang terletak di komplek Universitas Mulawarman (UNMUL).

Ada 4 ekor Sapi kurban yang disembelih, merupakan sumbangan dari anggota dan pengurus KBBKT. Selanjutnya daging yang sudah dikemas akan dibagikan kepada keluarga besar Bubuhan Banjar yang ada di Kota Samarinda.

Diantara tokoh yang berpartisipasi dalam pengadaan hewan Kurban KBBKT tahun 1444 H ini adalah Wakil Gubernur Kaltim bpk Hadi Mulyadi , Rektor universitas Mulawarman Abdunnur, Dirut RSUD AW Sjahranie dr.David masjhor, Kepala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala DLH Paser, Kepala Bapeda Kota Samarinda Ananta Fathurrozi , ketua FKUB Kaltim Asmuni Alie serta Kakanwil Kemenag Kaltim .

Menurut Ketua Panitia Kurban KBBKT, M. Irfan Fajrianur, SE kegiatan penyembelihan hewan Kurban selalu diadakan oleh pengurus KBBKT tiap tahunnya. Hal ini merupakan ibadah sunnah yang sudah mentradisi di kalangan orang Banjar.

“Melalui ibadah kurban ini kita bisa mengambil hikmah dari keteladanan keluarga Nabi Ibrahim yang memiliki jiwa berkorban yang sangat tinggi,” ujar Irfan kepada mediaibukota.com di sela-sela acara. Dia juga mengajak bubuhan Banjar agar meneladani semangat berkorban ini sehingga bisa mempertinggi keikhlasan dalam menjalani berbagai amal kebaikan.

Tampak berbagai elemen suku Banjar yang beradal dari berbagai paguyuban yang ada saling bahu-membahu dan menghilangkan berbagai perbedaan yang selama ini terjadi. Baik itu perbedaan organisasi, status sosial, bahkan pilihan politik.

Terlihat hadir beberapa tokoh masyarakat seperti Guru Jamal, H. Hamsyi Jamhari, Muhammad Hatta, H. Suryadi, H. Rusdi Banjar, Rasyid Ridla, serta puluhan satgas dan pemuda Banjar.

Kerukunan Bubuhan Banjar kini dipimpin Oleh HM. Ramadhan sebagai ketua PLT dengan Dewan Penasihat Wagub Kaltim H. Hadi Mulyadi. (MAF/MIK)

 

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,347 Kali, Hari ini saja ada 110 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…