Awal Tahun Ajaran, Samarinda Akan Luncurkan Program Satu Rekening Satu Pelajar

Sudah dilihat 260 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA– Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Ir. Hero Mardanus Satyawan, MT memimpin Rapat Monitoring dan Evaluasi TPAKD tentang Kredit Bertuah dan Persiapan Program Satu Rekening Satu Pelajar ( Kejar ) kamis (08/06/2023) pagi.

Hadir dalam rapat ini para utusan instansi terkait yang ada di bawah pemerintah kota Samarinda, diantaranya Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan, OJK Kaltim, Bank Kaltimtara, Dinas Koperasi dan UKM, Kabag Ekonomi, Prokompim, dan Kabid Pembinaan SD dan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda.

Dalam rapat membahas evaluasi Kredit Bertuah, pihak Bank Kaltimtara melaporkan bahwa realisasi Kredit Bertuah saat ini telah berjalan dengan baik. Dari total flafon sebanyak Rp.3,149 M telah tercapai Rp.2,48 M dengan tunggakan yang sangat kecil yakni hanya sekitar Rp 5,5 juta saja dan itu sudah dalam penyelesaian. Saat ini Kredir Bertuah telah memiliki 151 Debitur .

Sementara itu untuk persiapan Program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) rencananya akan dilakukan launching pada sekitar bulan Agustus 2023 mendatang. Yakni bertepatan dengan masa awal masuk sekolah atau pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimana biasanya ada kegiatan silaturahmi orang tua dengan pihak sekolah.

Pihak Bank Kaltimtara yang hadir dalam rapat ini menuturkan bahwa sekarang sudah ada 508 sekolah di Samarinda yang memiliki kerjasama dengan mereka dengan jumlah rekening sebanyak 32.849 akun. Dan dana yang dihimpun dari para pelajar tersebut lumayan bagus yakni sekitar Rp 66 Milyar.

Dengan kenyataan ini kota samarinda merupakan 3 besar diantara kabuaten/kota kota lain yang ada di Kalimantan Timur. Bank Kaltimtara menargetkan akan mencapai 100 ribu rekening di tahun yang akan datang.

Sementara itu, untuk prosesi seremonial peluncuran program ini rencananya akan dilakukan di SDN 8 Jalan Awanglong, dilanjutkan dengan kunjungan ke Kampung Wisata Samarinda Seberang dengan menaiki Kapal Wisata.

Sekretaris Daerah Kota Samarinda meminta kepada pihak-pihak terkait, baik itu Bagian Ekonomi Pemkot Samarinda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun Bank Kaltimtara untuk bisa saling bekerjasama dalam mensukseskan program tersebut.

Hero Nardanus satyawan kembali mengingatkan akan maksud Wali Kota dalam meluncurkan prohram Kredit Bertuah guna membantu masyarakat kota Samarinda, khsusunya kalangan bawah agar terlepas dari jerat rentenir. Sehingga tujuan akhrinya tentu untuk kesejahteraan masyarakat kota puat peradaban ini. (ADV/KMF-SMR)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 5,973 Kali, Hari ini saja ada 111 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…