70 Admin Website dan Medsos Ikuti Bimtek Berita, Gambar dan Video

Sudah dilihat 5,434 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Tak kurang dari 70 admin website dan media sosial (medsos) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kecamatan, serta Lembaga Publik yang ada di bawah Pemerintah Kota Samarinda mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Berita Pengambilan Gambar dan Video di Hotel Grand Jambrut I Jalan Pirus Pasar Pagi.

Acara yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Dr Aji Syarif Hidayatullah pada Senin (05/06/2023) pagi dan akan berlangsung hingga esok harinya, Selasa (06/06/2023) dengan menghadirkan 4 orang narasumber.

Di hari pertama pada sesi awal (pagi hingga siang), materi Tehnik Liputan dan Kode Etik Jurnalistik disampaikan oleh Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi, CHT, CT. Kemudian di sesi kedua materi Tehnik Penulisan Berita dan Praktik disampaikan oleh Pranata Humas Diskominfo Samarinda Abdillah Syafei, S.Ag, TH,CHT.

Di hari kedua, pada sesi pertama (pagi hingga siang) Materi Tehnik Pengambilan Gambar dan Video akan disampaikan oleh jurnalis Kompas TV, Jasmin Jaffar, S.Sos dan di sesi kedua (siang hingga sore) materi Teknik Editing Video akan disampaikan oleh Pimpinan media samarindasmartcity.com Drs. Setia Budi.

Kepala Diskominfo kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimtek mengatakan bahwa pembekalan ilmu jurnalistik kepada admin website dan medsos OPD, Kecamatan dan Lembaga Publik di bawah Pemkot Samarinda merupakan hal yang sangat penting. Selain selama ini banyak admin yang telah berpindah tugas sehingga banyak pula admin baru yang belum memiliki pengalaman mengelola website maupun media sosial, termasuk dalam pembuatan berita dan konten.

Untuk itu dibutuhkan pembinaan yang baik agar admin-admin website dan media sosial tersebut bisa melaksanakan tugas mereka dalam membuat berita dan konten medsosnya dengan baik dan benar. Apalagi dengan keberhasilan Samarinda menjadi kota paling informatif se Kaltim, dan Penghargaan terbaik nasional dalam bidang keterbukaan infromasi (Tinarbuka) yang diterima Wali Kota Samarinda Dr. Andi Harun pada momen peringatan Hari Keterbukaan Informasi di Riau belum lama ini, membuat tugas para pengelola media publikasi menjadi semakin berat.

Dayat (sapaan akrab kepala Diskominfo) mengajak para peserta agar tetap mengikuti kegiatan Bimtek ini sejak awal hingga akhir, karena ilmu yang akan diperoleh nantinya sangat berguna dalam mengelola media publikasi baik website maupun medsos di kantor masing-masing.

Sementara itu penyelenggara kegiatan, Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Destinasi Informasi yang didampingi Pranata Humas Herman YB Tukan, S.sos, Msi mengatakan bahwa Diskominfo memiliki keterbatasan tenaga jurnalis sehingga tidak semua kegiatan yang ada dalam agenda Pemerintah Kota Samarinda bisa diliput seluruhnya.

Oleh karena itu menurut Syamsul, dengan dilatihnya para admin website dan medsos di tiap OPD ini akan bisa meningkatkan kembali produksi konten beberapa website dan medsos yang kurang aktif di sebagian OPD atau Kecamatan. Sehingga berbagai informasi pembangunan di tingkat OPD, Kecamatan dan Lembaga Publik lainnya bisa sampai ke masyarakat. (MAL/MIK/KMF-SMR)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,275 Kali, Hari ini saja ada 38 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…