Lurah Handil Bhakti dan Sidomulyo Ukir Prestasi Tingkat Nasional

Sudah dilihat 260 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Warga Kota Samarinda memang patut bangga, karena di tahun2023 ini merupakan tahun bertabur prestasi. Setelah Wali Kota Samarinda mendapat Upakarti Artheswara Tinarbuka Kategori Walikota se-Indonesia pada perayaan Hari Keterbukaan Informasi di Riau, kini 2 orang Lurah di kota Pusat Peradaban ini juga meraih prestasi di tingkat nasional.

Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) memberikan penghargaan Anugerah Paralegal Justice Award (PJA) kepada Lurah Handil Bhakti Hera Hermawan, S.STP dan Kategori “Non LitigationPeacemaker (NLP)” kepada Lurah Sidomulyo Feny Andriyani, S.STP. Acara penyerahan hadiah dilaksanakan di Hotel Discovery Ancol Jakarta pada Kamis (1/6/2023) dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly

Paralegal Justice Award merupakan Anugerah yang diberikan kepada Kepala Desa/Lurah atau sebutan lainnya yang telah secara nyata berperan sebagai “hakim perdamaian” dalam penyelesaian konflik, sengketa, yang ada di masyarakat, serta membuat keadaan desa menjadi aman, damai, dan sadar hukum, sehingga tercipta iklim investasi, pariwisata, dan lapangan kerja yang baik di wilayah tersebut.

Paralegal Justice Award ini merupakan kerja bersama antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui BPHN, Mahkamah Agung (MA) serta didukung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kategori Non Litigation Peacemaker (NLP), Merupakan apresiasi yang diberikan kepada Kepala Desa/Lurah yang berperan dalam mendamaikan berbagai persoalan hukum warganya dengan cara memediasi, menegosiasi, serta dan melakukan kegiatan penyuluhan hukum, konsultasi hukum, serta membuat kantor desa/kelurahan sebagai pusat informasi, balai musyawarah dalam menyelesaikan persoalan-persoalan hukum warganya.

Kategori Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Jagaddhita (ASDJ) adalah Apresiasi yang diberikan kepada Desa/Kelurahan yang telah menyukseskan dan mengembangkan program pemberdayaan masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan fokus terhadap kemudahan berinvestasi, peningkatan sektor pariwisata dan pembukaan lapangan kerja dengan tetap mempertahankan kearifan lokal dan adat-istiadat setempat.

Selain itu juga dipilih Top 10 Favorit Publik Paralegal Justice Award 2023. Yakni Kepala Desa/Lurah yang mendapatkan dukungan terbanyak dari masyarakat melalui mekanisme voting melalui laman ini akan mendapatkan apresiasi dalam kategori Favorit Publik Paralegal Justice Award 2023.

Rangkaian proses penghargaan ini telah berlagsung sejak awal tahun 2023 lalu. Pada 08 Pebruari 2023 Pembukaan pendaftaran Paralegal Justice Award dan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita. 26 Mei sampai dengan 1 Juni 2023, Voting Top Ten Favorit Publik Paralegal Justice Award. 29 Mei 2023, pembukaan Pralegal Justice Academy dan Paralegal Justice Award. 30 dan 31 Mei 2023 Paralegal Academy. 1 Juni Malam Penganugerahan Paralegal Justice Award. (ADV/MAL/KMF-SMR)

 

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,378 Kali, Hari ini saja ada 141 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…