Ahad Pagi Jamaah Calon Haji Samarinda Kloter 2 Balikpapan Terbang Ke Madinah

Sudah dilihat 619 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Sebanyak 299 Jamaah Calon Haji asal Samarinda di kloter 02 embarkasi Balikpapan, Ahad (28/05/2023) telah diberangkatkan menuju tanah suci. Dari 299 orang tersebut terdiri atas 194 jamaah (2 diantaranya Petugas Haji Daerah Kota Samarinda) dan 5 Petugas (Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, Dokter, dan dua Paramedis).

“Total penumpang Kloter 02 Balikpapan adalah adalah 161 perempuan dan 138 laki-laki,” ujar Kepala Kementerian Agama Kota Samarinda, Dr H Bequni kepada media ini.

Menurut H Baequni, seremonial pemberangkatan Jamaah di subuh Ahad kemarin diwarnai cuaca hujan lebat yang mengguyur kota Balikpapan. Acara yang diselenggraakan di Gedung Jabal Rahmah dimulai jam 04.00 berlangsung singkat dimulai dengan pembukaan, doa oleh petugas TPIHI Kloter 02 Balikpapan Dr Harris, lalu sambutan dan penjelasan ringkas oleh petugas PLIH Embarkasi Balikpapan.

Menurut H Bequni, musim Haji 1444 H mempunyai motto Haji berkeadilan dan Ramah Lansia, sehingga proses pemberangkatan mendahulukan yang lansia dan mempunyai kebutuhan kursi roda dan tongkat untuk berjalan.

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Prop. Kaltim, selaku Sekretaris PPIH Embarkasi Balikpapan Dr. H. Ahmad Rifai MM beserta jajaran dan kepala kemenag kota samarinda, Baequni, ikut melepas pemberangkatan ini.

“Rombongan bus dari Embarkasi Balikpapan berangkat menuju bandara Sepinggan balikpapan tepat pukul 05.55 wita, terdiri dari 8 bus yakni 7 Bus berpenumpang dan 1 bus untuk cadangan,” ujar Bequni.

Sementara itu Sekretaris PPIH Embarkasi Balikpapan, Ahmad Rifai mengatakan bahwa dia sangat bersyukur karena pemberangkana ini berjalan lancar. Meskipun proses pemberangkatan kloter 02 BPN ini mendapat tantangan dengan semakin banyaknya Jamaah Calon Ha lansia, tapi prisedur yang diterapkan saat ini lebih efektif.

Kepala Kemenag kota Samarinda Baequni sendiri yang juga langsung mengawal para Jamaah Calon Haji samarinda hingga ke Bandara menyebutkan bahwa Jamaah berangkat lengkap dan dalam kondisi sehat.


“Sekalipun keadaan hujan, tapi kesigapan para petugas Haji sangat responsif dan taktis, sehingga berjalan lancar,” jelas Bequni. Dia berdoa semoga Jamaah Calon Haji asal kota Samarinda selalu sehat, mabrur dan berkah. Kembali ke kota ini dalam jumlah utuh.

Kloter 02 Balikpapan kali ini terbang lebih cepat 15 menit dari jadwal semula, yakni yang semula diperkirakan pada pukul 7.45 wita tetapi bisa berangkat jam 07.30 wita, meski di tengah cuaca yang masih dalam keadaan hujan rintik. (*/MAL/MIK).