Wali Kota Samarinda Raih Peringkat I Penghargaan Tinarbuka Nasional

Sudah dilihat 3,668 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

KAMPAR. MEDIAIBUKOTA- Penghargaan tingkat nasional kembali diraih Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun. Tidak tanggung-tanggung orang nomor satu di Kota Samarinda ini meraih peringkat I penghargaan Anugerah Tinarbuka Tahun 2023 tingkat Nasional kategori Wali Kota terbaik se – Indonesia pada acara puncak Hari Keterbukaan Informasi Nasional tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat ini mengangkat tema “Meneguhkan Peran Komisi Informasi dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif” di Labersa Hotel, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (17/5/2023).

Penghargaan diserahkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum (Menkopolhukam), Prof Dr Mahfud MD dan diterima langsung Andi Harun.

Andi Harun menyisihkan Dr Maulan Aklil, Wali Kota Pangkal Pinang sebagai juara II dan Fadly Amran, Wali Kota Padang Panjang sebagai peringkat III.

Penghargaan diberikan Komisi Informasi (KI) Pusat atas keberhasilan figur Andi Harun dalam memimpin Pemkot Samarinda yang informatif.

Anugerah Tinarbuka sendiri merupakan penilaian kepada para kepala daerah yang memiliki kontribusi nyata dan konsistensi dalam rangka menumbuh kembangkan informasi publik yang sebelumnya sudah dilakukan penilaian oleh Komisi Informasi Pusat.

Ditemui usai menerima penghargaan, Andi Harun menyampaikan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah di Kota Samarinda dan juga kepada Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur.

“Apa yang diraih hari ini sebuah ekspresi dari kesungguhan kita untuk melaksanakan ketentuan perundang – undangan dan tuntutan bahwa terbuka itu keren, pemerintahan dan pelayanan publik kita sajikan kepada masyarakat untuk memperoleh hak informasi sehingga kegiatan pembangunan kita selain diketahui masyarakat juga kita harapkan mendapatkan dukungan dan partisipasi dari segenap warga Kota Samarinda,” ujar Andi Harun.

Penghargaan ini, tambah dia, diperuntukkan kepada seluruh masyarakat Kota Samarinda.

Dalam menerima penghargaan, Andi Harun didampingi ketua Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) Syaparuddin J, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda Aji Syarif Hidayatullah dan jajaran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemkot Samarinda.

Ketua KI Kaltim Ramaon D Saragih menjelaskan, penghargaan Tinarbuka adalah baru pertama kalinya digelar, dan akan terus berlanjut setiap tahunnya yang memperlombakan Wali Kota dan Bupati seluruh Indonesia. Selain kategori Wali Kota dan Bupati, ada juga kategori Satuan Perangkat Daerah (SKPD) dan Penyelenggara Pemilu.

Proses penilaiannya sendiri, KI di daerah diminta untuk mengusulkan minimal dua Badan Publik dari ketiga kategori tersebut yang telah dimonev oleh KI di daerahnya masing-masing. Dan untuk Kaltim, kategori Wali Kota dan Bupati diusulkan Wali Kota Samarinda dan Wali Kota Bontang. Untuk SKPD, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Perkebunan. Dan Penyelenggara Pemilu, Bawaslu Kaltim.

“Pada saat tahapan presentasi, hanya Pemkot Samarinda dan Dispora Kaltim yang masuk. Tapi kemudian ketika tahapan visitasi, Dispora harus gugur. Dan Alhamdulillah Pemkot Samarinda akhirnya yang berhasil meraih peringkat 1 secara nasional,” ujarnya.

Selain kategori Upakarti Artheswara Tinarbuka, Anugerah Tinarbuka juga diberikan untuk kategori lima penyelenggara pemilu terbaik di Indonesia dan kategori kepala dinas/badan dan direktur terbaik. (ADV/FER/DON/KMF-SMR)