MTQ ke 44 Provinsi Kaltim di Balikpapan Resmi Dibuka

Sudah dilihat 414 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

BALIKPAPAN, MEDIAIBUKOTA- Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke 44 resmi dibuka pada hari Selasa (16/05/2023) malam, di arena utama halaman Gedung BSCC DOM Jl. Ruhui Rahayu No.1 Sepinggan, Balikpapan Selatan. Acara berlangsung meriah dengan dihadiri oleh beberapa Qori-Qori’ah Internasional diantaranya Prof Dr. KH. Said Aqil Husen Al Munawar. Selain itu panitia juga menampilkan musik gambul El Qorona yang fenomenal saat ini.

Wakil Wali Kota Samarinda, Dr. H. Rusmadi Wongso juga tampak hadir di panggung utama bersama para Kepala daerah (Kabupaten/Kota) se Kalimantan Timur atau yang mewakili. Mereka bersama-sama menabuh beduk dan rebana menandai pembukaan kegiatan MTQ yang dibuka oleh Gubernur Kalimantan Timur diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rayat Sekretaris Dearah Provinsi Kalimantan Timur H. Muhammad Sirajuddin.

Acara dimulai dengan devile para kafilah dari Kabupaten/kota yang mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 ini. Kabupaten Kutai Kartanegara dengan jumlah kafilah 144 orang, Kota Samarinda 92 orang, Bontang 92 orang, Kabupaten Kutai Timur 55 orang, Kabupaten Berau 65 orang, Kabupaten Paser 53 orang, Kabupaten Penajam Paser Utara 88 orang, Kabupaten Kutai Barat 42 orang, Kabupaten Mahakam Ulu 18 orang, dan tuan rumah Kota Balikpapan dengan anggota kafilah sebanyak 97 orang.

Kemudian diadakan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Timur KH. Muhammad Rasyid, dan dilanjutkan dengan laporan Panitia Penyelenggara yang juga Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Masud, SE.ME.

Dalam laporannya Wali Kota Balikpapan mengatakan bahwa arena lomba MTQ terdiri dari 10 tempat yakni Halaman gedung BSCC DOM, aula rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan, aula Universitas Mulia kota Balikpapan, aula KODIM kota Balikpapan, aula Universitas Balikpapan, gedung kesenian kota Balikpapan, aula kecamatan Balikpapan Selatan, aula gedung BSCC DOM Balikpapan, serta rumah jabatan Wakil Wali Kota Balikpapan, dan aula kelurahan Sepinggan raya.

Dia juga mengungkapkan tentang adanya beberapa kegaitan lain disamping kegiatan utama yang diselenggarakan dalam MTQ ke 44 ini, yakni karnaval atau pawai ta’arut, serta malam ta’aruf dan pameran ekspo yang berada di sebelah kiri arena utama MTQ.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur H. Abdul Khalik M.Pd dalam Sambutannya menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat kota Balikpapan yang telah mensukseskan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 ini.

“Peran MTQ yang merupakan salah satu sarana yang dapat menyatukan umat Islam perlu ditingkatkan di masa-masa mendatang,” ujar AbdulKhalik. Menurut dia dalam kaitan ini, gema MTQ juga diharapkan mampu memberi pengaruh dan sentuhan syiar dakwah yang berkesan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Mushabaqah Tilawatil QUr’an yang ke 4 tingkat Provinsi Kalimantan Timur dirasakan. Setiap even relijius ini semakin tahun akan ada peningkatan yang berarti. Baik peningkatan kualitas penyelenggaraan, dan lebih kita harapkan adalah nuansa Qur’ani pada masyarakat di Bumi Etam Kalimantan Timur,” jelas Abdul Khalik.

Dia menjelaskan bahwa penyelenggaraan MTQ dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga tingkat Nasional. MTQ juga merupakan salah satu media untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan penguatan persatuan umat Islam. Bahwa ukhuwah bashariah maupun ukhuwah wathaniyah.

“MTQ yang sukses adalah yang memberi dampak terhadap proses penyadaran kolektif dari segala lapisan masyarakat,” tegas Abdul Khalik.

Kepala Kanwil Kemenag ini juga menginformasikan bahwa berdasarkan Surat Keputusan nomor 321 tahun 2023 pada 27 maret 2023, Kalimantan Timur ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan MTQ tingkat Nasional tahun 2024, karena Kalimantan Timur dianggap memenuhi syarat dan banyak yang mengusulkan untuk pelaksanaan MTQ Nasional ini.
“Dan Kalimantan Tiimur terpilih untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional,” jelas Abdul Khalik. Dia berharap dengan washilah MTQ pembangunan IKN akan semakin mendapat keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Harapan kita bersama, semoga dengan pelaksanaan MTQ hai ini mampu memunculkan qori/qori’ah, hafidz/hafidzah yang akan membawa nama baik Kalimantan Tmur sebagai tuan rumah MTQ Nasional yang ke 30 nanti.

“Maka pemenang dalam MTQ kali ini semoga bisa membawa nama harum Kalimantan Timur di kancah nasional dan internasional,” pungkas Abdul Khalik.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rayat Sekretaris Dearah Provinsi Kalimantan Timur H. Muhammad Sirajuddin, SH, MT mengatakan bahwa MTQ adalah ajang lomba keagamaan yang harus kita jaga kesuciannya, sekaligus sebagai pemicu semangat dan menumbuhkan motivasi untuk membaca, menghafal, mempelajari dan dan mengamalkannya sebagai pedoman keselamatan hidup dunia dan akhirat.

“Kita bangga dan bersyukur karena gairah membaca dan mempelajari Al Qur’an di dalam masyarakat semakin meningkat. Yang ditandai dengan bertumbuhnya tempat-tempat pengajian Al Qur’an, TPA yang diikuti oleh anak-anak remaja hingga dewasa,” ujar Sirajuddin membacakan sambutan Gubernur. Hal ini ujar dia perlu terus kita tumbuh kembangkan agar Al Qur’an tetap terjaga dan generasi umat Islam mendatang menjadi insan-insan yang shaleh dan shalehah, yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhnanahu wa Ta’ala, karena terus senantiasa mencintai Al Qur’an.

“Dengan hikmah Al Qur’an dan dengan digelarnya MTQ ke 44 di Kota Balikpapan ini kita berharap juga agar berdampak positif bagi terciptanya daerah kita yang aman dan damai, mendapat ampunan, di bawah ridha dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,” lanjutnya,

Dalam kesempatan ini dia juga menyampaikan pesan Gubernur yakni yang pertama kepada seluruh Kafilah MTQ se Kalimantan Timur selamat datang dan selamat bermusabaqah. “Ikutilah MTQ ini dengan baik sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada. Terkhusus kepada Pemerintah dan Masyarakat kota Balikpapan saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya yang telah menjadi tuan rumah yang baik,” tutur Sirajuddin.

Gubernur berharap MTQ ini terlaksana dengan sukses. Dia juga berpesan agar semangat bermushabaqah , tetap menjaga kesehatan, dan menjaga kekompakan dan kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta ukhuwah Islamiyah.

“Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan keberkahannya kepada kita semua,” pungkas Sirajuddin mengakhiri sambutan Gubernur yang dibacakannya. (ASYA/KMF-SMR)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,271 Kali, Hari ini saja ada 34 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…