Demokrat Samarinda, Solid Menuju Pemilu 2024

Demokrat Samarinda, Solid Menuju Pemilu 2024

Sudah dilihat 638 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA – Demokrat Samarinda, Solid Menuju Pemilu 2024, untuk memantapkan persiapan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, DPC Partai Demokrat Kota Samarinda, melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) yang dihadiri oleh seluruh pengurus DPC dan PAC se-Samarinda, pada Selasa (09/05/2023) siang.

Berlangsung di Bagios Cafe and Resto jalan KH. Abdurrasyid (Ex jalan Basuki Rahmat), Rakor ini juga dihadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda dari Fraksi Partai Demokrat (FPD).

dr. Sri Puji Astuti, salah satu anggota DPRD Kota Samarinda dari FPD, mengawali sambutan dalam Rakor kali ini. Sebagai kader Partai Demokrat sekaligus anggota DPRD yang cukup memiliki pengalaman, Puji (sapaan Sri Puji Astuti) banyak memberikan saran untuk kemajuan pergerakan DPC Partai Demokrat Kota Samarinda, khususnya kepada Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang akan menjadi kontestan pada Pemilu tahun 2024 nanti.

Dalam arahannya, Puji menekankan pentingnya kerja keras dan kerja sama antara sesama kader, terutama para caleg dimasing-masing Daerah Pemilihan (Dapil) dalam meraih dukungan dan suara pemilih. Puji mengatakan bahwa, walau faktanya bersaing, namun satu partai harus tetap saling koordinasi dan saling bantu, bukan saling sikut dan menjatuhkan.

Pada kesempatan selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Muhammad Barkati, S. Sos., M. H. selaku Ketua DPC Partai Demokrat Kota Samarinda. Barkati (sapaan akrab Muhammad Barkati), juga kembali menekankan pentingnya kesolidan dan loyalitas para pengurus serta kader DPC Partai Demokrat Kota Samarinda.

Barkati menyampaikan jika Pemilu tahun 2024 nanti akan sangat ketat, diikuti oleh 18 Partai Politik (Parpol), dimana kuota kursi DPRD untuk Kota Samarinda sebanyak 45 dan akan diperebutkan oleh kurang lebih 810 caleg (45 dikali 18 Parpol).

“Kita rapat koordinasi hari ini, saya ingin kita semua lahir batin berjuang untuk kepentingan partai dengan tujuannya untuk kepentingan masyarakat” tegas Barkati.

DPC Partai Demokrat pada Pemilu tahun 2024 nanti, menargetkan raihan 9 kursi untuk DPRD Kota Samarinda, hal ini bertujuan agar Partai Demokrat memiliki kekuatan signifikan dalam menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kota Samarinda.

Perlu diketahui, saat ini Partai Demokrat memiliki anggota DPRD untuk Kota Samarinda sebanyak 5 orang, yatu : Sri Puji Asttuti, Guntur, Eko Elyasmoko, Shania Rizky Amalia dan Joni Sinatra Ginting.

Melanjutkan sambutannya Barkati mengungkapkan, jika sebanyak 72 orang yang mendaftar sebagai Bacaleg, harus disaring menjadi 45 orang. hal tersebut tidak mudah, semua Bacaleg memiliki potensi dan kemampuan.

Lanjut Barkati lagi, jika Bacaleg yang terpilih adalah berdasarkan penilaian dari tim independen yang dibentuk DPC Partai Demokrat Kota Samarinda dan bukan karena kedekatan hubungan pertemanan antara Bacaleg dengan dirinya atau pengurus partai. Semua diputuskan dengan adil.

“Nomor bukan sesuatu yang pasti, yang pasti adalah hasil kerja kita” ujar Barkati memberikan semangat kepada para Bacaleg. Menurutnya sekalipun berada dinomor urut 1, jika tidak bekerja, maka tidak akan memperoleh hasil apapun. Bekerja nyata sebagai pembuktian kepada masyarakat, hal itulah yang akan memberi nilai positif kepada setiap Caleg didapilnya masing-masing untuk mendapat suara maksimal.

“Visi Misi partai tetap harus kita utamakan, karena kita dibawah naungan bendera Partai Demokrat” pesan Barkati menutup sambutannya dan secara resmi membuka Rakor DPC Partai Demokrat Kota Samarinda.

Rakor dengan tema “Menguatkan Loyalitas Menuju Kemenangan Bersama Di 2024” dilanjutkan dan dipimpin oleh Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Samarinda, Yoyok Setiawan, S. T. (Ali-MIK)

14 Program Prioritas Partai Demokrat :

  1. Ciptakan lebih banyak lapangan kerja, termasuk untuk milenial dan perempuan, serta batasi tenaga kerja asing.
  2. Kelola keuangan dan tingkatkan pelayanan BPJS dengan mengutamakan golongan kurang mampu.
  3. Berikan subsidi listrik untuk golongan kurang mampu dan sediakan secara cukup BBM Premium.
  4. Pertahankan subsidi pupuk untuk petani.
  5. Setop impor pangan ketika musim panen.
  6. Tingkatkan gaji pegawai, termasuk guru, TNI & Polri dan pensiunan, agar memiliki daya beli yang baik.
  7. Longgarkan pajak, termasuk dunia usaha agar bisa tumbuh baik dan bisa tingkatkan upah buruh.
  8. Bantu dan lindungi UMKM, termasuk pedagang kecil dan angkutan kota.
  9. Angkat secara bertahap guru dan pegawai honorer dan tingkatkan kesejahteraan perangkat desa.
  10. Kontrol dan batasi utang pemerintah dan BUMN agar tak bebani anak cucu.
  11. Lanjutkan pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur pedesaan, sesuai kemampuan keuangan negara.
  12. Berikan perlindungan hukum kepada rakyat secara adil dan jamin kebebasan berbicara termasuk kemerdekaan pers.
  13. Jaga kebhinekaan dan kerukunan antar identitas (SARA) dan cegah perpecahan bangsa.
  14. Lanjutkan dan tingkatkan program pro rakyat SBY, seperti BOS,BPJS, Bantuan Lansia, Disabilitas, dan Bencana,PKH, RASKIN, BLT/BLSM, KUR, PNPM, dan lain-lain, untuk kurangi kemiskinan dan kesenjangan sosia