Abdillah Syafei: Selesainya Pandemi Bukti Kekuasaan Allah, Ramadhan Tinggi Nilai Pendidikan

Sudah dilihat 242 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA– Pada mulanya banyak orang bahkan ilmuan yang memprediksi bahwa pandemi tidak akan berakhir, sehingga kita akan terus berdampingan dengan Covid-19 selamanya. Oleh karena itu ada istilah new normal yang menunjukan bahwa kenormalan baru itu merupakan kondisi dimana manusia hidupa dalam ancaman virus corona.

Namun ternyata prediksi manusia itu tidak benar, di tahun ketiga atau keempat kita sudah mulai merasakan bahwa kondisi kehidupan berangsur normal kembali seperti semula. Anak-anak sekolah kembali belajar di kelas dan aneka sektor kehidupan mulai lagi berjalan sebagaimana biasanya.

Demikian diantara isi Khutbah Idul Fitri yang disampaikan oleh Ustadz Abdillah Syafei di Kompleks SMPN 2 Samarinda Jl. KH. Ahmad Dahlan, Sabtu (22/04/2023) pagi. Kegiatan ibadah Idul Fitri ini diikuti oleh Kepala SMPN 2 Misradianto, para dewan guru, orang tua siswa dan tentunya ratusan siswa-siswi SMPN 2 Samarinda.

Dalam paparan khutbahnya Abdillah Syafei mengajak kaum muslimin yang hadir untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan berupa normalnya kembali kondisi dengan berlalunya pandemi. Juga dengan telah ditolongnya kita oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga bis melewati pandemi dengan selamat.

“Kita bersyukur karena telah menjadi manusia-manusia pilihan Allah yang berhasil melewati pandemi dalam keadaan selamat,” ujar Abdillah. Berapa banyak ujarnya orang tua kita, keluarga dekat, bahkan tetangga kita yang telah menjadi korban pandemi covid-19. Oleh karenanya dia mengajak jamaah agar mensyukuri umur yang diberikan Allah dengan mengisinya dengan ketaatan.

Abdillah juga menyampaikan bahwa Ibadah Ramadhan yang telah dijalani seama sebulan lalu mengandung nilai-nilai pendidikan yang sangat tinggi. Bagaimaa karakter anak-anak kita dilatih untuk menjadi manusia-manusia yang jujur yang merupakan pengamalan dari nilai-nilai Pancasila, dimana di dalamnya ada unsur ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Oleh sebab itu ujar Abdillah, seluruh warga SMPN 2 Samarinda mulai dari kepala sekolah, dewan guru, orang tua dan komite, hingga anak didik, bisa memetik nilai-nilai pendidikan yang ada dalam ibadah Ramadhan yang telah dilaksakan sebulann kemarin. Nilai-nilai terebut dapat diterapkan dalam dunia pendidikan di sekolah ini. (MAL/MIK)