FORMAT Kaltim dan Dewan Kesenian Samarinda Buka Puasa Bersama Seniman

Sudah dilihat 710 Kali, Hari ini saja ada 3 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Ratusan seniman kota Samarinda pada Rabu sore (19/04/2023) menjelang Magrib tampak berkumpul memadati lokasi Kafe Rawa di Jalan Pramuka Samarinda. Mereka berasal dari berbagai kelompok seni, mulai dari seni tradisional, teater, musik, sastra, aksara dan lain sebagainya.

Di penghujung Ramadhan 1444 H, Dewan Kesenian Kota Samarinda (DKS) bekerjasama dengan Forum AKtualisasi Seni Tradisional (FORMAT) Kalimantan Timur mengadakan acara buka puasa bersama guna mengambil moment di akhir Ramadhan untuk menjalin silaturahmi bagi para pegiat seni.

Hadir dalam kesempatan ini Ketua Dewan Kesenian kota Samarinda Dr Ibnu Arabi dan Ketua FORMAT Kaltim Elansyah Jamhari, juga ada Ketua Dewan Kesenian Kaltim Syafril TH Noor  dan Produser TVRI Asman. Selain itu tampak puluhan tokoh seniman dan ratuan anggotanya juga berkumpul saling berbagi cerita menjelang buka puasa maupun setelah shalat maghrib yang dilaksanakan secara berjamaah.

Dalam bincang-bincang seusai shalat berjamaah, perwakilaan berbagai kelompok seni bergantian menyampaikan pesan dan kesan serta harapan-harapan dan program kegiatan masing-masing pasca pandemi yang sempat sekitar tiga tahun membuat dunia kesenian tidak bisa berjalan normal.

Ada kabar yang cukup menggembirakan dari Ketua Dewan Kesenian Kaltim Syafril TH Noor buat para pelaku seni di Kalimantan Timur, termasuk Samarinda. Yakni perjuangan untuk mewujudkan adanya Perda Kesenian telah berhasil di DPRD Kaltim. Sehingga sekarang adalah bagaimana para seniman berjuang menyampaikan aspirasinya agar pemerntah kabupaten/Kota masing-masing mewujudkan Perwali dan peraturan teknisnya. (MAL/MIK)