LPTQ Matangkan Persiapan Kafilah Samarinda ke MTQ Tingkat Provinsi

Sudah dilihat 253 Kali, Hari ini saja ada 4 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Sekretaris Daerah Kota Samarinda yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Samarinda, Ir. H. Hero Mardanus Satyawan, MT memimpin rapat persiapan Kafilah Kota Samarinda ke MTQ Tingkat Provins, Kamis (30/03/2023) siang.

Hadir pula Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr.H.M. Ridwan Tasa, MM, Kepala Kementerian Agama Kota Samarinda Dr.H. Baequni, M.Pd, Kabag Kesra Setda Kota Samarinda Ir. Kamarul Zaman, M.Si, Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Samarinda H. Ikhwan Saputera, S.Kom, M.Sos, Koordinator Dewan Hakim MTQ tingkat Kota Samarinda, Dr. Hj. Sriwahyuni dan beberapa pengurus LPTQ Kota Samarinda lainnya.

Dalam rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Sekretaris Daerah Kota Samarinda lantai 3 Balaikota ini disampaikan, bahwa meski waktu pelaksanaan antara MTQ tingkat Kota dengan tingkat Provinsi Kalimantan Timur sangat dekat, namun kafilah Samarinda tetap melakukan persiapan maksimal guna meraih prestasi yang terbaik.

Dari musyawarah yang berlangsung sekitar satu jam tersebut disepakati bahwa Training Center (TC) untuk para anggota kafilah asal kota Samarinda dilakukan sebanyak dua tahap, yakni Pelatihan tahap pertama Selama Ramadhan dan Tahap kedua adalah TC Terpadu pasca Ramadhan.

Selama bulan puasa, pemusatan latihan anggota Kafilah akan dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sepekannya pada tiap akhir pekan, yakni hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Pekan pertama Traning Center dimulai Tanggal 1 dan 2 April 2023, dimana tanggal 1 nya sekaligus pembukaan kegiatan oleh Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun yang direncanakan akan dilaksanakan di Mushalla Ar Raudah.

Kemudian pelatihan dilakukan pada 3 hari terakhir pekan selanjutnya, yakni hari Jum’at, Sabtu dan Minggu (7, 8 dan 9 April 2023). Dan dilanjutkan akhir pekan ketiga Training Center (TC) yakni tanggal 14,15 dan 16 April 2023. Latihan selama Ramadhan ini dilakukan di rumah para pelatih masing-masing cabang lomba.

Pada tahap kedua dilanjutkan denga Pelatihan Terpadu (TC Terpadu) yang diselenggarakan mulai tanggal 1 sampai dengan 6 Mei 2023 dan dilaksanakan di tempat khusus yang nanti akan ditentukan.

MTQ Tinggkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 akan diselenggarakan di Balikpapan dengan kegiatan utama dipusatkan di area Doom dengan beberapa lokasi pendukung. Namun acara yang semula direncanakan tanggal 7 Mei 2023 diperkirakan akan mundur waktunya mengingat sebagian sekolah sedang mengadakan ujian akhir, padahal kebanyakan peserta MTQ adalah anak-anak dan pelajar. (ADV/MIK/KMF-SMR)