Wali Kota Samarinda, Sampaikan LKPJ TA 2022 di Rapat Paripurna DPRD Kota Samarinda

Sudah dilihat 223 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Tahun Anggaran 2022 (LKPJ TA-2022) dalam Sidang Paripurna DPRD Kota Samarinda yang dilaksanakan pada Rabu (29/3/2023) malam, di ruang Rapat Paripurna lantai II gedung DPRD Kota Samarinda jalan Basuki Rahmat.

LKPJ TA-2022 diawali Wali Kota Samarinda dengan melaporkan bahwa realisasi anggaran pendapatan daerah tahun 2022 mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Target pendapatan sebesar 3,022 triliun rupiah menjadi 3,671 triliun rupiah dan belanja daerah yang dialokasikan sebesar 3,338 triliun rupiah menjadi 2,987 triliun rupiah.

Selanjutnya, Andi Harun memaparkan tentang penyederhanaan birokrasi dengan menggabungkan beberapa perangkat daerah, dimana sebelumnya berjumlah 47 menjadi 40 perangkat daerah. Penyederhanaan birokrasi ini, berdampak kepada efisiensi APBD serta meningkatkan kinerja perangkat daerah di Kota Samarinda yang menjadi lebih optimal dan responsif dalam bekerja melayani rakyat.

Orang nomor satu di Kota Samarinda ini, juga melaporkan keberhasilan menekan inflasi tahun 2022 di Kota Samarinda dengan nilai 5,22 persen. Angka tersebut lebih rendah dari angka inflasi nasional senilai 5,51 persen. Angka kemiskinan tahun 2022 juga mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021, yaitu sebesar 4,85 persen. Demikian pula dengan penurunan angka pengangguran ditahun 2022, menjadi 6,78 pesen dibandingkan tahun 2021 senilai 8,16 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Samarinda pada tahun 2022 sebesar 81,43 persen atau mengalami peningkatan jika dindingkan tahun 2021. Begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi Kota Samarinda pada tahun 2022 yang mengalami peningkatan sebesar 6,58 persen.

Andi Harun juga menerangkan keberhasilan berbagai program unggulan, seperti Probebaya yang sudah dilaksanakan oleh hampir 2000 RT se-Kota Samarinda. Program Social Security Number (SSN), Program Smart City Plus, Program Doctor On Call untuk kondisi darurat lansia dan balita, Program bantuan peralatan sarana pendidikan untuk menunjang pendidikan gratis 12 tahun, Program badan usaha milik Rukun Tetangga (RT), Program pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTA)/taman rekreasi dan satu kelurahan satu playground serta Program pencipptaan 10.000 wira usaha baru.

Andi Harun pun menyebutkan, keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda meraih penghargaan APBD Award untuk kategori realisasi pendapatan belanja tertinggi pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022. Dia juga menyampaikan keberhasilan Wali Kota dan Pemkot Samarinda menjadi nominasi pertama tingkat nasianal untuk Kabupaten/Kota tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Lewat prograam Probebaya, Kota Samarinda berhasil meningkatkan pelayanan kesehatan melalui kepesertaan BPJS Kesehatan masyarakat miskin (Program JKN-KIS) dengan mencapai 99,8 persen dan mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Presiden Rapublik Indonesia yang diserahkan oleh Wakil Presiden.

Menutup LKPJ TA 2022, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan Kota Samarinda menuju Kota Pusat Peradaban. Ucapan terima kasih tersebut ditujukan kepada seluruh masyarakat Kota Samarinda, DPRD Kota Samarinda, jajaran Forkopimda dan seluruh pegawai (ASN/Non ASN) di lingkungan Pemkot Samarinda termasuk kepada seluruh Camat dan Lurah, juga kepada pihak-pihak swasta. (ADV/MIK/KMF-SMR)