Ngumpul di Cerita Kopi, fotografer Kaltim Sepakat Segera Bentuk Pengda APFI Kaltim

Sudah dilihat 664 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Antusiasme pekerja kreatif semakin banyak dan merebut perhatian generasi muda. Salah satunya dalam bidang fotografi, seperti pada kopdar fotografer Kota Tepian, di Cerita Kopi Jalan KS Tubun Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu. Selasa (28/3/2023) malam tadi.

Hal ini menjadi ajang silaturahmi dan diskusi para pekerja dan penghobi fotografi, salah satu topiknya adalah peran fotografer Kaltim untuk menyambut IKN, para fotografer ini bersiap dengan segala sesuatunya, seperti sertifikasi fotografi dan berhimpun dalam suatu wadah yang bermitra dengan pemerintah.

Salah satu fotografer yang menginisiasi pertemuan ini, Aditya Lesmana menuturkan, sebagian besar provinsi di Indonesia telah berdiri pengurus daerah (Pengda) dari Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI), sayangnya untuk Kaltim belum berdiri.

“Kesimpulan pertemuan malam ini, salah satunya adalah dukungan untuk berdirinya Pengda APFI Kaltim, ketika ini sudah diresmikan, kita berharap dunia fotografi di Kaltim bisa jauh lebih baik lagi,” terangnya.

Pertemuan ini, kata Adit lagi, juga sebagai sosialisasi tentang pentingnya sertifikasi fotografer, untuk bisa mengikuti ujian kompetensi fotografi, syarat utamanya adalah menjadi anggota APFI.

“Sertifikasi fotografer ini menjadi penting, salah satunya ada aturan PP. No 83 tahun 2019, yang isinya kurang lebih begini: segala bentuk pengadaan barang dan jasa, –termasuk fotografi–, yang menggunakan anggaran belanja negara, wajib menggunakan tenaga tekhnis yang kompeten, dibuktikan dengan sertifikat kompetensi, saya dorong kawan-kawan fotografer diseluruh Kaltim untuk mengikuti sertifikasi ini,” jelas Adit.

Selanjutnya, Adit menambahkan akan terus berproses, langkah awal dengan melakukan sosialisasi dan edukasi terkait APFI dan ujikom fotografer. “Secepatnya kita deklarasikan Pengda APFI Kaltim, semoga SDM di bidang fotografi Kaltim semakin jaya dan berkualitas,” harapnya. (MIK/Ndu/Le)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 6,053 Kali, Hari ini saja ada 191 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…