Andi Harun: Dengan Duta Genre Jadikan Remaja Penerus Bangsa dan Generasi Emas

Sudah dilihat 176 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA. MEDIAIBUKOTA– Wali kota Samarinda Dr. H. Andi Harun menghadiri Pengukuhan Duta Genre kelurahan Samarinda di Aula Rumah Jabatan Walikota jl. S. Parman Samarinda. selasa (21/3/2023) pagi.

Program generasi berencana (Genre) adalah program yang mengedepankan pembangunan karakter bangsa dikalangan generasi muda, sebagai wadah agar menjauhi tiga resiko yang membahayakan diri remaja itu sendiri, diantaranya Pernikahan Dini, Seks pra nikah dan Napza dengan tujuan agar menjadi remaja yang tangguh dapat berkontribusi dalam pembangunan.

Veronika sekretaris DPPKB kota Samarinda sampaikan Ada beberapa program Genre seperti kesehatan Reproduksi penyiapan kehidupan berkeluarga, serta kependudukan dan pembangunan keluarga yang dilaksanakan melalui pusat informasi konseling remaja.

Sampai saat ini telah terbentuk kelompok Konseling remaja baik jalur pendidikan maupun jalur masyarakat berjumlah 84 kelompok Konseling remaja yang berada di tingkat pendidikan SLTP, SLTA dan perguruan tinggi serta berada di kampung KB di 59 kelurahan se kota Samarinda dengan kreteria usia 10-24 tahun. “jelasnya.

Pada sambutan Dr. H. Andi Harun walikota Samarinda sampaikan Duta Generasi Berencana (Genre) berperan penting untuk mensosialisasikan bahwa keluarga adalah segalanya. Generasi Berencana salah satu program yang diluncurkan oleh Pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Oleh karena itu BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana untuk menyiapan kehidupan berkeluarga tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga nantinya mereka mampu melangsungkan jenjang Pendidikan secara terencana, berkarier dalam pekerjaan juga terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus Kesehatan reproduksi.”ucap Andi Harun.

Program Genre juga merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa bagi remaja guna menjadikan remaja yang Tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Dengan adanya Duta Generasi Berencana ini dapat menekan maraknya permasalahan remaja, salah satunya pergaulan bebas dan kepada Duta Genre, karena ini adalah wadah untuk mempersiapkan diri bagi para remaja atau young generation yang memiliki skill untuk membantu pembangunan dan menjadi icon remaja yang baik, maka mari bersama-sama untuk mengajak yang lain menjauhi hal-hal yang dapat merusak masa depan. “pintanya.

“Saya berharap agar kalian dapat merubah mindset remaja masa kini agar terhindar dari hal-hal negative dan lebih produktif lagi, serta bisa membuat remaja menjadi calon penerus bangsa dan generasi emas pada masa Indonesia Emas tahun 2045.

Atas nama Pemerintah Kota Samarinda, saya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Duta Generasi Berencana Tingkat Kelurahan Kota Samarinda, semoga dapat mewujudkan remaja yang berperilaku sehat, bertanggung jawab dan mampu mempraktikkan perilaku hidup sehat serta berakhlak.”tutupnya. (adv/MIK/Eko/kmf-smr).