Panitia Mantapkan Kesiapan MTQ Ke 44 Kota Samarinda

Sudah dilihat 1,260 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, KOMINFONEWS- Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Samarinda H. Hero Mardanus Satyawan membuka Rapat Koordinasi Panitia Besar MTQ Ke-44 Tingkat Kota Samarinda, Sabtu (10/03/2023).

Rapat yang juga dihadiri oleh Ketua Harian LPTQ Kota Samarinda H Ridwan Tassa, Kabag Kesra Pemkot Samarinda H. Kumarul Zaman, Sekretaris LPTQ Kota Samarinda H Ihwan dan seluruh pengurus LPTQ Kota Samarinda ini digelar di ruang Mangkupelas Lantai II Gedung Balai Kota Samarinda.

Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 44 tingkat Kota Samarinda, akan dibuka pada hari Kamis (16/03/2023) malam dan perlombaan berlangsung mulai hari Jum’at (17/03/2023) sampai dengan Minggu (19/03/2023).

H. Hero Mardanus yang juga Sekretaris daerah Kota Samarinda saat membuka rapat mengatakan bahwa Kegiatan MTQ tingkat kota yang proses persiapannya sudah mulai berlangsung ini membutuhkan kerja keras dan keseriusan mengingat bahwa waktunya memang sudah cukup dekat dengan pelaksanaan MTQ di tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Sementara itu Ketua Harian H. Ridwan Tassa dalam sambutannya mengingatkan bahwa pelaksanaan MTQ yang tinggal beberapa hari ini bukanlah perkara yang gampang. Namun dengan kekompakan dan kerja yang bersungguh-sungguh dia percaya acara dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Sekretaris LPTQ Kota Samarinda H. Ikhwan Saputra menyampaikan bahwa secara seremoni acara pembukaan itu 40 persen menentukan kesuksesan acara. Oleh karenanya dia berharap pihak Event Organizer (EO) bisa memperhatikan betul-betul seluk-beluk arena MTQ untuk menyesuaikan berbagai hal menyangkut kebutuhan pelaksanaan lomba.

Kepada dewan hakim dia meminta agar sangat selektif dalam menentukan Juara. Apalagi tidak lama setelah Ramadhan nanti akan langsung berlomba ke tingkat provinsi. Selain itu ada kemungkinan MTQ tingkat nasionalpun akan dilaksanakan di daerah ini.

Dalam rapat ini, juga dibahas berbagai hal teknis perlombaan mulai dari persoalan pendaftaran, verifikasi peserta, tempat penyelenggaraan hingga desain logo dan panggung pelaksanaan.

Lomba MTQ ke 44 tingkat Kota Samarinda tahun ini rencananya dilaksanakan di 10 arena yakni:

Arena utama adalah di Masjid Nurul Mu’minin Pemprov Kaltim. Di tempat ini akan dilombakan golongan Tilawah baik Tartil, remaja, maupun dewasa, yang berlangsung mulai tanggal 17 hingga 19 Maret 2023.

Arena kedua di Mushollah Ar Raudhah Balai Kota Samarinda, digunakan sebagai tempat lomba Tilawah anak-anak dan Cacat Netra. Lomba ini diselenggarakan pada tanggal 18 dan 19 Maret 2023.

Arena ketiga untuk lomba Tilawah Murottal Remaja, Murottal Dewasa, Qiroat Mujawwad Remaja, dan Qiroat Mujawwad Dewasa. Lomba ini mengambil tempat di Masjid Syeh Mahmuddin Plaza Mulya tanggal 17 sampai 19 Maret 2023.

Arena Keempat untuk lomba Hifz Qur’an kategori 1 Juz dan 5 Juz mengampil tempat di Aula Kementerian Agama Kota Samarinda. Acara juga berlangsung mulai tanggal 17 hingga 19 Maret 2023.

Arena Kelima adalah aula Perpustakaan Kota Samarinda tanggal 18 dan 19 Maret 2023. Di arena ini akan diselenggarakan lomba Hifdz Qur’an kategori 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Arena keenam di Ballroom Kenohan Hotel Selyca Mulya dari tanggal 17 sampai dengan 19 Maret 2023, dan digunakan untuk tempat perlombaan Tafsir Al Qur’an Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, serta hafalan Hadits kategori 100 dan 500 hadits.

Arena Ketujuh bertempat di Up Ground Lantai 2 Plaza Mulya, digunakan sebagai tempat lomba Khat (Kaligrafi) kategori Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi dan Kontemporer. Kegiatan lomba diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 17 dan 18 Maret 2023.

Arena Kedelapan berada di Ground Flour Flaza Mulya, akan digunakan sebagai tempat kegiatan lomba Syarhil Qur’an pada tanggal 17 dan 18 Maret 2023.

Dan arena kesepuluh di Ballroom Kota Bangun Hotel Selyca Mulya yang digunakan sebagai tempat lomba Fahmil Al Qur’an dari tanggal 17 sampai dengan 19 Maret 2023.

Dalam rapat ini juga ditegaskan oleh panitia bahwa MTQ ke 44 tingkat kota Samarinda tahun 2023 dari segi kepesertaan akan diikuti oleh para juara MTQ tingkat kecamatan di tahun 2023. Hal ini menjawab kebingungan sebagian LPTQ kecamatan yang saat ini sudah memiliki ‘stok’ juara MTQ Kecamatan baik hasil lomba tahun 2022 lalu maupun tahun 2023. (ASYA/KMF-SMR)