Samarinda Wakili Kaltim, Ikuti Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan PMK Nasional

Sudah dilihat 1,317 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Bertempat di Kelompok Tani Damar Wulan di Jalan Assa’adah RT 19, Lubuk Sawah Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang Dalam, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Kalimantan Timur dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda mengikuti kegiatan Kick Off Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Tahun 2023 secara online, Sabtu (28/01/2023).

Acara ini dilaksanakan secara nasioal oleh Kementerian Pertanian dan dipusatkan offline di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo secara resmi membuka kegiatan yang diikuti oleh seluruh Provinsi yang ada di Indonesia baik secara online maupun secara offline ini.

Kick Off Vaksinasi PMK yang dilaksanakan pagi hingga siang hari ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Samarinda Dwi Rahmi Adiaty, SP, M.Si, Gugus Tugas/Satuan PMK Kota Samarinda, Camat Sungai Pinang Siti Hasanah dan para Anggota Kelompok Ternak Koperasi Damarwulan Prima Persada (DPP).

Dari Pemerintah Provinsi hadir Sekretaris Daerah Sri Wahyuni, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Timur Muhammad Faisal, Kepala Dinas ESDM Kaltim Munawwar, serta Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kaltim Iwan Kurniawan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang juga mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode ini mengatakan kick off pengendalian dan penanggulan PMK merupakan kegiatan yang harus dilakukan bersama untuk menguatkan kembali tekad dan kerja melanjutkan program penanggulangan wabah PMK di Indonesia.

“Indonesia memiliki pengalaman keberhasilan memberantas PMK mencapai 99,9 persen. Kita mampu turunkan dalam waktu setahun, sementara negara lain membutuhkan waktu yang lama, puluhan tahun.” ujar Syahrul Yasin Limpo. Oleh karena itu menurutnya, Kick Off yang kita lakukan hari ini adalah bentuk bela negara.

“Kita harus hadapi tantangan ke depan. Kondisi saat ini, kita memiliki petugas-petugas yang sudah terlatih dan ketersediaan akses vaksin PMK,” lanjut Menteri Pertanian tersebut.

Para pejabat Provinsi dan Kota Samarinda bersama-sama menyaksikan jalannya kegiatan Kick Off secara online dan mengikuti dengan seksama. Disela-sela kegiatan yang bersifat online tersebut juga dilaksanakan beberapa kegiatan secara lokal yakni diskusi atau tanya jawab dengan petani (kelompok peternak), pemberian bantuan vaksin, serta seremonial pemberian vaksin dan penandaan pada ternak sapi di Kandang milik kelompok Koperasi Damarwulan Prima Persada.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Dra Sri Wahyuni melakukan pemberian vaksin PMK kepada salah seekor sapi dan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dwi Rahmi Adiaty memberikan penandaan pada sapi tersebut. (*/MAL/ASYA/KMF-SMR)

Link Youtube Kegiatan tersebut:

 

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,247 Kali, Hari ini saja ada 10 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…