Disdukcapil Samarinda Minta Masukan Para Tokoh Lewat Forum Konsultasi Publik

Sudah dilihat 2,524 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Untuk mendapatkan masukan dari masyarakat guna meningkatkan kualitas pelayanannya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik, pada Kamis (26/01/2023), bertempat di ruang rapat Disdukcapil Jalan Basuki Rahmat Samarinda.

Kepala Disdukcapil, Drs H Abdullah mengatakan bahwa pihaknya mengundang beberapa tokoh masyarakat, tokoh akademisi, , tokoh pemuda, tokoh Jurnalistik, OPD dan Kecamatan se-Kota Samarinda. Hal ini dilakukan dalam rangka menyempurnakan standar pelayanan yang di OPD yang dia pimpin.

“Jika mana ada hal-hal yang mungkin kurang, maka tentu kami akan minta masukan-masukan dari tokoh-tokoh tadi, yang kita undang dalam acara konsultasi publik ini,” ujar Abdullah. Hal ini menurut dia, tidak lain adalah dalam rangka bagaimana Dukcapil memberikan pelayanan yang cepat dan memberikan kemudahan. Agar layanan ini tetap dicintai warga sebagai layanan yang memang membahagiakan masyarakat.

Abdullah tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih yang tulus kepada semua pihak yang dia undang dalam kesempatan ini, termasuk juga yang mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, yakni dari Dinas Kependudikan dan Pemberdayaan Perlindungan Anak yang diwakili oleh Kepala Bidang Fasilitasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, Sulekan, S.SOS., M.SI.

“Sehingga ini juga merupakan bagian dari kebersamaan kami untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi warga kota Samarinda dan Kalimantan Timur pada umumnya,” pungkas Abdullah.

Sementara itu Dr. Enos Paselle, M.AP dari kalangan akademisi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Mulawarman mengatakan, Selaku akademisi dia memahami bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Samarinda begitu Inovatif untuk membahagiakan masyarakat di Samarinda.

“Jadi ke depan harapan kami bahwa inovasi itu akan terus berkembang, sehingga kemudahan-kemudahan dan kebahagiaan masyarakat itu bisa tercapai.” ujar Enos kepada Kominfonews.

Sementara itu Sulekan, S.SOS., M.SI, Kabid Fasilitasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pemberdayaan Perlindungan Anak mengatakan bahwa pihak Provinsi menyambut baik Forum Konsultasi Publik ini. Hal ini agar Disdukcapil kota Samarida bisa memperoleh masukan-masukan dari berbagai pihak terkait dengan layanan yang telah diberikan sehingga dari evaluasi tersebut bisa dilakukan perbaikan-perbaikan terhadap layanan yang telah dilakukan.

“Sehingga layanan yang nanti akan diberikan akan lebih berkualitas, dan dengan tujuan untuk membahagiakan masyarakat,” tutup Sulekan.

Selama ini Disdukcapil kota Samarinda telah memberikan 21 layanan kepada masyarakat Layanan-layanan tersebut merupakan hasil inovasi guna memberikan kemudahan dan kebahagiaan kepada warga Samarinda yang melakukan pengurusan berbagai dokumen kependudukan.
Tak heran jika OPD ini merupakan salah satu OPD yang bertabur prestasi dan menyumbang Panji Keberhasilan buat Samarinda yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. (ASYA/KMF-SMR)