Hadiri HUT SMPN 1 Samarinda ke 76 Tahun, Andi Harun Ajak Guru dan Siswa Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Sudah dilihat 246 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Pendidikan merupakan tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang baik, maka akan melahirkan sumberdaya yang handal. Negara-negara maju telah membuktikan bahwa, pendidikan mempunyai kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas bangsanya.

Demikian dikatakan oleh Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun saat menyampaikan sambutannya di acara peringatan HUT SMPN 1 Samarinda, Rabu (25/01/203). Menurutnya, pendidikan adalah ujung tombak peradaban, dan juru kunci kesejahteraan. Keseluruhan tujuan memberikan pendidikan adalah cermin menjadi jendela.

“Artinya mampu mengubah seorang insan/peserta didik yang awalnya hanya bisa melihat diri nya sendiri, menjadi lebih luas menjangkau dunia luar, dan serta melihat dari semua sudut, hal-hal yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.” jelas Andi Harun.

Orang nomor satu di Pemerintah Kota Samarinda ini mengatakan bahwa Hari Ulang Tahun SMPN 1 Samarinda yg ke 76 merupakan momen bersejarah yang mendeskripsikan panjangnya eksistensi sebuah sekolah yang mampu melahirkan alumni dari pemimpin di puncak pemerintahan hingga top manajer di perusahaan, dari anggota legislatif hingga praktisi perbankan. Bahkan di banyak profesi penting tingkat nasional dan akar rumput di masyarakat.

“Perjalanan panjang sekolah yang dipimpin setidaknya oleh 17 orang kepsek yg telah membawa perubahan revolusi sesuai zamannya dari Sekolah Standar Nasional menjadi Sekolah Koalisi Nasional, lalu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional hingga sekarang menjadi Sekolah Penggerak yang mengemban tugas sebagai katalisator dalam memujudkan visi pendidikan Indonesia Indonesia Maju yg berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.” lanjut Andi Harun.

Menurutnya Spansa Samarinda yang memiliki motto We are the best, Prestasi Yes, Juara Pasti! ini harus menorehkan banyak prestasi siswa baik di tingkat provinsi, nasional bahkan lnternasional. Mulai cabang akademik, kesenian serta olahraga baik secara individu maupun dalam tim/ kelompok.

“Sebagai kesatuan institusi, SMPN 1 Samarinda juga harus menjadi pusat keunggulan dalam inovasi pengetahuan dan pelatihan yang penting, bagi generasi muda khususnya di Kota Samarinda.” imbuhnya lagi.

Sebagai sekolah yang mapan, menurut Wali Kota, sekolah harus mengadopsi perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan komunikasi, seperti digitalisasi pendidikan terintregasi yang programnya sedang diinisiasi Pemerintah Kota Samarinda di tahun 2023 yaitu: Sekolah Sehat, Sekolah Ramah Anak, Sekolah Siaga Kependudukan, Sekolah Adiwiyata, Sekolah Bersih Narkoba, Sekolah Inklusi dan Sekolah Aman Bencana.

Usia SMP 1 Samarinda yang telah menginjak tahun ke–76 menyatakan bahwa sekolah ini telah lama berdiri dan pastinya sudah mengalami perubahan–perubahan signifikan. Sebagaimana seseorang yang dewasa melalui berbagai macam hal yang membentuk dirinya menjadi pribadi yang matang.

“Nadiem Makarim pernah mengatakan, bahwa teknologi adalah tools, hanya suatu alat saja, bukan segalanya. Kualitas pembelajaran dalam kelas, serta interaksi antara guru dan murid, adalah esensinya.” Tutur Wali Kota mengutip perkataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karena itu, dia terus mendorong SMP Negeri 1 Samarinda, menjadi sekolah yang mampu mewujudkan Sumber Daya Manusia yang relijius, unggul dan berbudaya.

Andi Harun mengingatkan, bahwa tantangan pendidikan masa depan tidak saja menuntut transformasi lembaga pendidikan, untuk mempersiapkan lulusannya, namun harus memastikan bahwa alumninya mampu adaptif, kreatif dan berjiwa problem solver sebagai bekal persiapan di dunia kerja. Perubahan sistem pendidikan di masa depan (5 sampai dengan 10 tahun lagi) juga harus berstandar Internasional, menyenangkan dan relevan untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berkarakter.

Oleh Karena itu menurut Wali Kota Andi Harun, Kepala Sekolah, beserta para guru, harus konsisten mengupayakan peningkatan mutu pendidikan berkualitas dengan berbagai cara yang kreatif dan inovatif.

Wali kota mengaku optimis, dengan keseriusan seluruh instansi dan pihak terkait, maka merealisasikan “Samarinda menjadi Kota Peradaban” bukanlah hal yang mustahil.

Kepada para Siswa SMPN 1 yang hadir, Wali Kota berpesan bahwa masa depan Samarinda yang kita cintai ini ada ditangan mereka, para pemegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan. Karenanya para pelajar tersebut harus berpendidikan. Dia kembali mengutip perkataan tokoh besar. Kali ini mengutip perkataan Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela bahwa “Education is the most powerful weapon which you can use to change the worl” Wali Kota berharap seluruh Peserta Didik untuk selalu hormat dan patuh kepada orangtua dan guru, karena peran mereka adalah faktor penting dalam keberhasilan kalian.

“Jalan didepanmu masih panjang, maka tetaplah berjalan dengan keteguhan hati, bawalah ilmu dan budi bahasa yang baik. Ingat, mendidik fikiran tanpa mendidik hati, bukanlah pendidikan sama sekali.” pungkas Wali Kota Andi Harun.

Seusai memberikan sambutan, Wali Kota Andi Harun bersama Istri, Hj Rinda Wahyuni melakukan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon sebagai tanda diresmikannya kegiatan dalam rangka HUT SMPN 1 Samarinda yang ke 76 tahun ini. (ASYA/KMF-SMR)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,363 Kali, Hari ini saja ada 126 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…