Direktur PKBI Kaltim Asmuran Gautama

Momen Hari AIDS Sedunia, PKBI Kaltim Gelar Berbagai Kegiatan

Sudah dilihat 244 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Sejalan dengan momentum Hari AIDS Sedunia tahun 2022, PKBI Derah Kaltim sebagai bagian dari lembaga masyarakat yang peduli terhadap program penanggulangan HIV AIDS, sejak tahun 1995 bersama Pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan, turut berontribusi memberikan edukasi, pendampingan dan pelayanan kesehatan bagi mereka yang rentan terpapar HIV AIDS.

Finalis Duta AIDS 2022
Finalis Duta AIDS 2022

Sejak tahun 2016 hingga saat ini ini PKBI Daerah Kaltim telah menjangkau populasi beresiko yakni pekerja seks perempuan, LSL, waria dan penasun dengan temuan kasus sebesar 893.

Pada Peringatan Hari AIDS tahun 2022 ini yang juga dirangkaikan dengan peringatan HUT PKBI yang ke 65 tahun, PKBI Daerah Kaltim kembali menggelar kegiatan berupa lomba edukatif dan Talkshow yang di ikuti 100 orang remaja serta puncaknya “PEMILIHAN DUTA PEDULI AIDS “ yang ke 3 yang bertujuan untuk memilih para anak muda bersama PKBI Daerah Kaltim terlibat dalam upaya penanggulangan HIV AIDS di tengah masyarakat.

Kegiatan ini di ikuti oleh 17 peserta yang terdiri 8 orang perempuan dan 9 orang pria, bertempat di City Centrum Mall Samarinda.

Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan : Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Biro Kesra Sekda Prov Kaltim, Biro Umum Sekda Prov. Kaltim, Dinas Kesehatan Prov. Kaltim, Dinas Pendidikan Prov. Kaltim, Dinas Sosial prov. Kaltim, INTI MUDA Indonesia, City Centrum Mall, BPJS dan berbagai pihak lainnya.

Peringatan Hari AIDS sedunia pada tahun ini yang menjadi tema global adalah: “EQUALIZE”, Terkait ini Pemerintah mengadopsi tema tersebut menjadi tema nasional, yaitu : “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS”. Dengan tema ini jajaran pemerintah dan para mitranya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meraih sukses dalam mencapai three zeroes pada tahun 2030, yaitu :
Zero” HIV Infection “ atau Tidak ada lagi Infeksi karena HIV dan Aids.
Zero “ Aids related Death “ atau Tidak ada kematian karena Aids
Zero “ Discrimination Aids “ atau Tidak ada lagi Diskriminasi terhadap ODHA atau Orang Dengan HIV dan AIDS.

Saat ini berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hingga Juni 2022, total pengidap HIV yang tersebar di seluruh provinsi mencapai 519.158 orang. Dari data tersebut sekitar 85 persen Orang Dengan HIV/AIDS (ODHIV) berada pada usia produktif antara usia 20 – 49 tahun. Di Kaltim berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Prov. Kaltim sejak tahun 2009 hingga Agustus 2022 diketemukan Positif HIV sebanyak 10.556 orang. Dari jumlah tersebut yang masuk tahap AIDS sebanyak : 2839 orang.

Yang menjadi tantangan dalam pencegahan HIV AIDS, adanya retensi pengobatan ARV yang rendah, masih dirasakannya ketidaksetaraan dalam layanan HIV khususnya pada perempuan, anak, dan remaja, serta masih dirasakannya stigma dan diskriminasi. Sehingga diperlukan dukungan semua pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan tersebut, baik oleh pemerintah Pusat dan daerah, akademisi/praktisi, masyarakat, swasta, dan media. (*/PKBI-Kaltim/MIK)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,328 Kali, Hari ini saja ada 91 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…